Minyak Goreng Langka di Pasaran, Komisi VI DPR RI Nilai Kinerja Mendag Muhammad Lutfi Kurang Maksimal

- 8 Februari 2022, 21:21 WIB
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih/dpr.go.id/Oji/nvl
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih/dpr.go.id/Oji/nvl /

GALAMEDIA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih menyoroti kinerja Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang dinilai kurang maksimal sehingga terjadi kelangkaan minyak goreng di sejumlah daerah.

Ia mendesak Lutfi dan seluruh jajaran di Kemendag untuk mengawasi dan melakukan operasi pasar agar program harga minyak goreng yang terjangkau bagj masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

 "Mendag harus bisa memastikan ketersediaan minyak goreng di pasaran," kata Demer, sapaan akrabnya dikutip dari laman resmi dpr.go.id, Senin  7 Februari 2022.

Baca Juga: Tegur Kapolda Jateng dan Ganjar Pranowo Soal Kasus Wadas, Alissa Wahid: Benar-benar Rakyat Dianggap Kecil

Ia tak menampik muncul dugaan penghilangan barang saat pemerintah mulai melakukan operasi pasar besar-besaran. Ia menduga hal itu dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

 Karena itu, ia juga mendesak Mendag untuk memberantas kartel-kartel minyak goreng yang menyengserakan rakyat karena membuat harga minyak goreng melambung tinggi dan menjadi langka.

Jika masalah ini berlarut-larut, Demer menilai dapat mempengaruhi upaya pemulihan ekonomi yang sudah sangat baik dilakukan oleh pemerintah selama masa pandemi. "Sudah saatnya kartel minyak goreng ini diberantas," tambah Demer.

Baca Juga: INNALILLAHI, Anggota Polri Anak Gubernur Kaltara Tewas Terbakar dalam Kecelakaan di Kawasan Senen Jakarta

 Politisi Partai Golkar ini juga meminta agar Kemendag melalukan upaya-upaya untuk mencegah penimbunan komoditas oleh oknum yang tak bertanggung jawab, serta mengawasi rantai pasokan minyak di sejumlah daerah.

Dia pun mengingatkan, bahwa Lutfi harus mampu mengawal dan melaksanakan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng dengan ketentuan harga minyak goreng curah Rp11.500/liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp13.500/liter dan minyak goreng kemasan premium Rp14.000/liter.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x