Waketum MUI Anwar Abbas Tegaskan Mengelilingi Ka'bah di Metaverse Tak Dianggap Bagian dari Ibadah Haji

- 10 Februari 2022, 09:34 WIB
Waketum MUI Anwar Abbas.
Waketum MUI Anwar Abbas. /Tangkap layar Youtube.com/Indonesia Lawyers Club/

GALAMEDIA - Wakil Ketua MUI, Anwar Abbas, turut menyoroti pembangunan Ka'bah virtual di metaverse yang dilakukan oleh kerajaan Arab Saudi.

Diketahui, kerajaan Arab Saudi membangun Ka'bah di metaverse agar umat muslim di seluruh dunia dapat berkunjung ke Mekkah secara virtual.

Hal itu pun membuat heboh semua umat muslim di dunia termasuk Indonesia yang beberapa tokoh islam langsung mengeluarkan pernyataan.

Baca Juga: Fuji Bikin Salfok TikTokan Bareng Verrell Bramasta dan Atthala Naufal, Warganet: Dikelilingi yang Ganteng

Salah satu tokoh umat Islam di Indonesia, Anwar Abbas menyampaikan bahwa ia tak mempermasalahkan adanya pembangunan Ka'bah secara virtual tersebut.

Namun Anwar Abbas menegaskan bahwa mengelilingi Ka'bah di metaverse tidak dianggap sebagai bagian dari ibadah haji.

Pasalnya hal itu tidak memenuhi syarat-syarat dalam pelaksanaan ibadah haji, sebab seharusnya ibadah haji dilakukan secara fisik dengan datang langsung ke tanah Mekkah.

"Kalau ada orang yang akan menyelenggarakan ibadah haji secara virtual via metaverse berarti dia ibadah hajinya tidak secara fisik tapi hanya penglihatan saja, maka hal demikian tentu sudah jelas tidak masuk ke dalam kategori sedang melaksanakan ibadah haji," kata Anwar, dikutip Galamedia dari Antara, Kamis 10 Februari 2022.

Baca Juga: Tidak Perlu Pakai Jimat Penglaris, Baca Amalan ini Agar Usaha Lancar

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x