Suara Pemilih Jabar untuk Capres Tak Mutlak ke Ridwan Kamil, Terpecah ke Anies Baswedan dan Prabowo

- 15 Februari 2022, 18:09 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Twitter.com/@ridwankamil/
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Twitter.com/@ridwankamil/ /

GALAMEDIA - Suara pemilih di Jabar atau Jawa Barat untuk calon presiden (capres) 2024 tak mutlak ke Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Suara pemilih terpecah ke Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Bahkan, nama Ganjar Pranowo pun ikut masuk dalam bursa capres 2024.

Ke empat nama itu bersaing ketat merebut suara pemilih di Jabar.

Demikian temua survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "Partai, Gubernur, dan Presiden: Pandangan Publik Jawa Barat" yang dirilis secara online, Selasa, 15 Februari 2022.

Baca Juga: Survei SMRC: Publik Setuju dengan PDIP Jabar, Arteria Dahlan Harus Diberi Sanksi Berat Atas Kasus Bahasa Sunda

Survei ini dilakukan melalui telepon dengan total sampel 801 responden.

Sampel dipilih secara acak dari populasi warga Jawa Barat yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone.

Wawancara dilakukan oleh tenaga pengumpul data yang terlatih pada 5-8 Februari 2022. Pembobotan data dilakukan sehingga profil demografi sampel proporsional terhadap populasi hasil sensus.

Margin of error survei diperkirakan +/- 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Hasil survei yang dipresentasikan Manajer SMRC, Saidiman Ahmad, itu menunjukkan bahwa dalam pertanyaan top of mind atau jawaban spontan, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan 13 persen, Anies Baswedan 12,2 persen, Prabowo Subianto 12 persen, dan Ganjar Pranowo 10,7 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x