Perkuat Kekuatan dan Komponen Utama, TNI AU Siapkan Perekrutan 2.500 Komcad Tahun Ini

- 16 Februari 2022, 15:47 WIB
 Dirsumdahan Ditjen Pothan, Brigjen Fahrid Amran (kanan) secara simbolis menyerahkan plakat kepada Danlanud Sulaiman, Kolonel Pnb Mokh. Mukhson saat acara sosialiasi pembentukan dan perekrutan Komcad di Gedung Balai Prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Rabu 16 Februari 2022.
Dirsumdahan Ditjen Pothan, Brigjen Fahrid Amran (kanan) secara simbolis menyerahkan plakat kepada Danlanud Sulaiman, Kolonel Pnb Mokh. Mukhson saat acara sosialiasi pembentukan dan perekrutan Komcad di Gedung Balai Prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Rabu 16 Februari 2022. /Ziyan M. Nasyith/Galamedia/

GALAMEDIA - Sebanyak 2.500 orang dari berbagai kalangan dan profesi, dipersiapkan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) untuk direkrut dan bergabung dalam Komponen Cadangan (Komcad) pada tahun ini.

Untuk diketahui, Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang disiapkan guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Sumber daya dasional yang dimaksud yaitu meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, dan sumber daya buatan.

Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) KASAU, Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto menjelaskan, salah satu pengelolaan sumber daya nasional yang menjadi fokus utama pada saat ini adalah SDM pembentukan Komcad.

Baca Juga: Buruh Menolak! Tuntut Aturan JHT Baru Cair 56 Tahun Dicabut dan Pecat Menaker Ida Fauziyah

Dalam rangka mempersiapkan perekrutan Komcad ini, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan pada Kementerian Pertahanan dan TNI AU menggelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara di Gedung Balai Prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung, Rabu 16 Februari 2022.

"Pembentukan Komcad unsur warga negara ini dilaksanakan melalui proses pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar kemiliteran dan penetapan," kata Marsekal Muda TNI Bowo Budiarto didampingi Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb Mokh. Mukhson, di sela acara.

Bowo menjelaskan, pihaknya menjalankan perintah dari Kementerian Pertahanan sesuai dengan undang-undang yang sudah ada, sehingga pada tahun ini TNI AU juga diperintahkan untuk menyiapkan Komcad.

"Jadi Komcad ini dipersiapkan suatu saat apabila negara membutuhkan dalam keadaan bahaya atau perang, mereka siap dimobilisasi dalam menghadapi ancaman," terang Bowo.

Halaman:

Editor: Ziyan Muhammad Nasyith


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x