Gus Yaqut Usul Biaya Haji Rp45 Juta, Cak Imin Tak Setuju: Kemahalan, Sudah Ada Subsidi Juga

- 19 Februari 2022, 09:59 WIB
Gus Yaqut Usul Biaya Haji Rp45 Juta, Cak Imin Tak Setuju: Kemahalan, Sudah Ada Subsidi Juga/Gus Yaqut
Gus Yaqut Usul Biaya Haji Rp45 Juta, Cak Imin Tak Setuju: Kemahalan, Sudah Ada Subsidi Juga/Gus Yaqut /Kemenag

GALAMEDIA – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) mengusulkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) tahun 1443 H /2022 M sebesar Rp 45 juta atau tepatnya Rp 45.053.368,00.

Usulan tersebut disampaikan Gus Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI tentang Penjelasan Persiapan Pelayanan dan Usulan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) Tahun 1443 H / 2022 M.

Gus Yaqut menjelaskan, kebijakan komponen BIPIH itu diambil dalam rangka menyeimbangkan besaran beban jemaah dengan keberlangsungan penyelenggaraan ibadah haji di masa yang akan datang.

“Keseimbangan tersebut dimaksudkan agar jemaah tidak terlalu terbebani dengan biaya yang harus dibayar, mengingat sudah dua tahun melakukan pelunasan BIPIH,” ujarnya dilansir dari kemenag.go.id, Kamis 17 Februari 2022.

“Namun di sisi lain juga harus menjaga prinsip istita’ah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji tahun-tahun berikutnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Ayah Atta Halilintar Ingin Aurel Hermansyah Lahiran Secara Normal, Ashanty Beri Reaksi Ini

Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pun tampak kurang setuju dengan usulan dari Gus Yaqut terkait ibadah haji.

Oleh karena itu, Cak Imin meminta Komisi VIII DPR RI mengkaji ulang usulan Gus Yaqut, mengingat negara masih mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19.

“Saya minta kepada Komisi VIII untuk cek ulang, jangan sampai kenaikan itu di luar apa yang menjadi kebutuhan, di luar apa yang menjadi tingkat kemahalan. Oleh karena itu, saya minta kepada Komisi VIII untuk cek ulang,” ujarnya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta dikansir Galamedia Sabtu, 19 Februari 2022.

Baca Juga: Link Nonton, Sinopsis, dan Para Pemain Film Pelangi Tanpa Warna, Sudah Tayang di Bioskop

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x