KPK Akui Tak Pernah Pasang Baliho Pesan Antikorupsi yang Tampilkan Wajah Firli Bahuri

- 19 Februari 2022, 21:10 WIB
Baliho KPK./Twitter /
Baliho KPK./Twitter / /
GALAMEDIA - Foto-foto soal baliho bertuliskan pesan antikorupsi yang menampilkan Ketua KPK Firli Bahuri membuat heboh masyarakat.

Hal itu dikarenakan foto-foto terkait baliho bertuliskan pesan antikorupsi yang menampilkan Firli Bahuri tersebut beredar luas di media sosial.

Terlebih Firli Bahuri dan KPK mendapat kecaman dari banyak pihak usai beredarnya foto-foto terkait baliho tersebut.
 
Baca Juga: Reaksi Nagita Slavina Usai Dapat Kado Ultah Mesin ATM BNI: Ini Beneran Bisa Ngambil Duit?

Menyikapi hal itu, KPK pun akhirnya buka suara dan menyatakan tak tahu menahu mengenai adanya baliho yang menampilkan wajah Firli Bahuri tersebut.

KPK menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah melakukan pemasangan ataupun membiayai baliho Firli Bahuri yang saat ini tengah beredar itu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu 19 Februari 2022.
 
Baca Juga: Ditanya BuzzerRP Sejak Kapan Jadi NU, Gus Umar Jawab: Sebelum Kalian Mengaku-ngaku NU

"Terkait informasi yang beredar di masyarakat mengenai 'billboard' berisi pesan antikorupsi, kami sampaikan bahwa KPK memastikan tidak pernah melakukan pengadaan maupun pembiayaan dalam anggaran negara atas pemasangan 'billboard' yang dimaksud," kata Ali Fikri, dikutip Galamedia dari Antara, Sabtu 19 Februari 2022.

Ali Fikri kemudian menyampaikan bahwa tim inspektorat KPK telah menemukan lokasi  mana baliho tersebut terpasang.

Akan tetapi, Ali Fikri tak menyebut secara detail terkait di mana lokasi baliho yang menampilkan wajah Firli Bahuri itu terpasang.
 
Baca Juga: 1,1 Juta Liter Minyak Goreng Ditimbun, KPPU Sebut Dugaan Keterlibatan Kartel

Kendati demikian, ia meminta semua pihak untuk bersikap tenang dalam menanggapi beredarnya foto-foto baliho tersebut.

Sebab menurutnya, pemberantasan korupsi bukan hanya tugas KPK saja, melainkan semua pihak termasuk masyarakat di dalamnya.

Terlebih ia mengatakan bahwa sejak awal KPK sudah mengajak masyarakat untuk aktif menanamkan kesadaran berintegritas agar budaya anti korupsi tumbuh di lingkungan masyarakat.
 
Baca Juga: WASPADA! 'Son of Omicron' Mulai Serang 10 Negara Ini, Catat Gejala BA.2 yang Harus Diwaspadai
 
"Untuk itu komitmen KPK sedari awal adalah terus merangkul dan mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanamkan kesadaran berintegritas agar tumbuh budaya antikorupsi dalam lingkungan bermasyarakat," ucapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya baliho berisi pesan anti korupsi yang menampilkan wajah Firli Bahuri beredar di media sosial Twitter.

Dalam baliho tersebut juga mencantumkan logo KPK dan pesan mengenai siapa saja yang maling uang rakyat makan akan ditangkap.
 
Baca Juga: HEBOH Pengurus Muhammadiyah Ditangkap Densus 88, Anwar Abbas Langsung Berikan Respon

Adapun pesan pesan dalam baliho tersebut adalah sebagai berikut:

"kita ingin mewujudkan Indonesia yang adil makmur, cerdas, sejahtera, mudah mencari kerja, Indonesia yang disegani dunia dan Indonesia yang membanggakan rakyatnya," tulis pesan dalam baliho tersebut.

Di sisi lain, Ketua KPK Firli Bahuri juga sempat buka suara mengenai beredarnya foto-foto yang menampilkan wajah dirinya tersebut.
 
 
Firli Bahuri mengaku tahu terkait siapa pihak yang sudah memasang baliho tersebut.

"Terus terang saya tidak tau siapa dan di mana itu semua dipasang," kata Firli melalui cuitan di akun Twitter @firlibahuri.

Meski demikian, Firli Bahuri menilai beredarnya baliho tersebut merupakan bentuk apresiasi masyarakat terhadap KPK.
 
Baca Juga: Inilah 5 Cara Menangkal Tuyul, Nomor 3 Cuma Pakai Bumbu Dapur

Ia pun mengucapkan rasa terimakasih pada masyarakat, apabila baliho tersebut benar-benar merupakan bentuk dukungan pada lembaga antikorupsi itu.

"Masyarakat yang banyak aspirasi banyak. Jika itu dimaksudkan untuk mendukung kerja KPK saya mengucapkan terimakasih," tuturnya.

"KPK adalah penegak hukum yang independen. Salam antikorupsi,"tegasnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x