Pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas Terkait Adzan, Dinilai Sufmi Dasco Ahmad Berlebihan!

- 24 Februari 2022, 17:25 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad /Antara/
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad /Antara/ /

GALAMEDIA - Pernyataan kontroversial  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menganalogikan ramainya suara adzan dengan teriakan seekor binatang yang sangat riuh terus menuai kritikan.

Salah satunya datang dari Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. Ia  menilai pernyataan yang menganggap suara adzan sebagai suatu gangguan adalah suatu hal yang berlebihan.

 

“Jika suara azan itu dianggap sebagai gangguan, saya fikir itu berlebihan ya,” jelas Dasco sebagaimana dikutip dari sosial media ‘story’ pribadinya, Kamis  24 Februari 2022.

Baca Juga: Tanpa Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi Jadi Jawara Pilgub 2024

Politisi Partai Gerindra ini menyampaikan suara adzan di Indonesia sangat bermakna dan menjadi semacam budaya Indonesia.

 Adzan itu dikumandangkan dari tiap-tiap masjid dan musala sebanyak lima kali sehari dengan durasi 1 hingga 1,3 menit.

“Sehingga, azan tersebut tidak bisa disamakan dengan suara apa saja, apalagi dianggap sebagai suara yang mengganggu,” jelas Pimpinan DPR Bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) inii dikutip dari laman dpr.go.id.

Baca Juga: Polemik Menag Yaqut Soal Gonggongan Anjing, Umar Hasibuan: Demi Toleransi Berucap Seperti Ini Astagfirullah

 Saking sakralnya, Dasco menilai suara adzan tidak sekadar sarana untuk mengingatkan dan memanggil umat Islam untuk salat saja. Tetapi, juga dapat dikategorikan sebagai kearifan dan cagar budaya dalam hidup bertoleransi antarumat beragama di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x