Di Universitas Syiah Kuala, Hasto Kristiyanto Ingatkan Pesan Soekarno ke Perguruan Tinggi

- 27 Februari 2022, 20:24 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. /ANTARA/Syaiful Hakim

 

GALAMEDIA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengingatkan perguruan tinggi harus jadi infrastruktur kemajuan bangsa Indonesia.

"Pesan Presiden Soekarno yang menyebut universitas menjadi city of intellect atau perguruan tinggi harus menjadi infrastruktur kemajuan bangsa Indonesia. Tidak akan Indonesia maju tanpa perguruan tingginya maju, jangan dibalik," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Minggu, 27 Februari 2022.

Hal itu juga disampaikan Hasto saat memberikan kuliah umum di Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh, dengan tema, revitalisasi nilai-nilai Pancasila di kalangan sivitas akademika perguruan tinggi menuju Indonesia Emas 2045.

"Bung Karno selalu mengingatkan kepada kaum muda Indonesia, termasuk mahasiswa Universitas Syiah Kuala untuk meletakkan, merumuskan, menempatkan cita-citamu setinggi langit. Sebab, sekiranya kau jatuh, kau jatuh di antara bintang-bintang di angkasa raya," kata Hasto.

Baca Juga: Tiga Partai 'Terancam' Tak Bakal Dicoblos di Pemilu 2024, Don Adam: Sebagai Konsekuensi Ketidaksetujuan...

USK merupakan kampus yang punya kedekatan erat dengan Presiden Soekarno. Pada 2 September 1959, Bung Karno meresmikan Tugu Darussalam dan membuka Fakultas pertama dari USK yakni Fakultas Ekonomi.

Hasto mengatakan universitas harus menjadi pusat kemajuan di dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang berakar terhadap apa yang Indonesia miliki.

Sehingga, penelitian harus didorong untuk menunjukkan kemampuan sebagai bangsa berdikari.

Dia mencontohkan bagaimana penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi harus berdasarkan Pancasila.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x