SBY Bicara Perang Ukraina Tapi Tak Sebut 'Rusia', Kenapa Ya?

- 2 Maret 2022, 20:12 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY Bicara Perang Ukraina Tapi Tak Sebut 'Rusia', Kenapa Ya?
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). SBY Bicara Perang Ukraina Tapi Tak Sebut 'Rusia', Kenapa Ya? /Instagram @aniyudhoyono

GALAMEDIA - Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambamg Yudhoyono (SBY) ikut merespons soal perang yang tengah terjadi di Ukraina akibat invasi Rusia beberapa hari yang lalu.

Melalui cuitan di akun Twitter resmi pribadinya, SBY mengatakan bahwa tidak ada yang tahu seperti apa akhir dari perang yang kini tengah terjadi antara Rusia dan Ukraina.

SBY juga menyebut bahwa peperangan yang kini tengah terjadi tak dapat dipastikan kapan berakhir atau bisa jadi justru berlarut-larut.

"Tidak ada yg tahu pasti, seperti apa ujung dari perang yg tengah terjadi di Ukraina. Juga tidak mudah diprediksi apakah perang segera berakhir atau justru menjadi perang berlarut," cuit SBY dengan akunnya @SBYudhoyono.

Dia melanjutkan bahwa perang sejatinya adalah kelanjutan dari politik. Tetapi kata dia, seberapapun dahsyatnya sebuah perang justru selalu terbuka untuk selesai secara politik pula.

Baca Juga: Sebut Putin Gila, Alexei Navalny Terus Provokasi Warga Rusia Untuk Protes Invasi Ukraina di Balik Penjara

"Memang benar perang adalah kelanjutan dari politik dgn cara lain. Tetapi, setiap perang, betapapun dahsyatnya, selalu terbuka peluang (window of opportunity) utk diakhiri secara politik. Semoga terbuka peluang itu," sebutnya.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga mengingatkan terkait ketegangan yang kini terjadi di kawasan Eropa.

Menurut dia, seberapa panas pun kondisi geopolitik yang terjadi, jangan sampai peperangan mengarah ke perang dunia dan berpikir untuk menggunakan senjata nuklir.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x