Jadi Pemimpin G-20, Ketua MPR RI Singgung Jokowi Minta Indonesia Aktif Dalam Masalah Invasi Rusia ke Ukraina

- 2 Maret 2022, 21:11 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. /MUHAMMAD ADIMAJA/ANTARA FOTO

 

GALAMEDIA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mendorong Indonesia terlibat aktif dalam mewujudkan dunia yang damai, adil dan sejahtera, khususnya saat mengalami perubahan geopolitik yang tidak lagi di bawah dominasi tunggal, seperti ketika berakhirnya perang dingin.

"Kita tentunya ingin kepemimpinan Indonesia di G-20 tahun ini kelak dikenang dunia sebagai awal terwujudnya tatanan dunia yang damai, tumbuh berkelanjutan, serta menghapus segala penderitaan rakyat di dunia," kata Bambang Soesatyo dalam keterangannya, Rabu, 2 Maret 2022.

Hal itu dikatakannya saat melantik pengganti antar waktu (PAW) Anggota MPR RI Moh. Haerul Amri dari Fraksi Partai NasDem dan Hendris Sitompul dari Fraksi Partai Demokrat di Gedung MPR RI Jakarta, Rabu.

Bambang mengatakan Presiden Joko Widodo, dalam pidatonya di Roma pada Oktober 2021, telah menyatakan tema presidensi Indonesia di Forum G20 yaitu "Recover Together, Recover Stronger".

Baca Juga: Angelina Sondakh Besok 3 Maret 2022 Bakal Keluar dari Lapas, Terima Program Cuti Setelah 10 Tahun Dipenjara

Menurut dia, tema tersebut merupakan komitmen Indonesia untuk membawa dunia lebih inklusif dan segera bangkit bersama-sama di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Tahun 2022 ini adalah momentum Indonesia untuk memainkan peran besar dalam menciptakan dunia yang damai, adil, dan sejahtera," jelasnya.

Dia menjelaskan salah satu tujuan pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945), yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, sebagai bagian integral dari kesejahteraan dan keadilan sosial bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pamerkan Seragam Baru TNI AD, Jenderal Dudung: Ini Diciptakan Pak Andika Perkasa

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x