Survei: Suara Warga NU Mayoritas ke Gerindra dan PDIP Diikuti PKB hingga Golkar di 2024

- 3 Maret 2022, 20:20 WIB
Survei: Suara Warga NU Mayoritas ke Gerindra dan PDIP Diikuti PKB hingga Golkar di 2024/ Bendera Nahdlatul Ulama (NU)
Survei: Suara Warga NU Mayoritas ke Gerindra dan PDIP Diikuti PKB hingga Golkar di 2024/ Bendera Nahdlatul Ulama (NU) /Unsplash.com/Mufid Majnun//

GALAMEDIA – Suara warga Nahdlatul Ulama (NU) tidak akan terpusat pada satu partai politik (parpol) saja di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) dirilis pada Rabu, 2 Maret 2022.

Direktur Eksekutif CSIIS, Moh Sholeh Basyari dalam keterangannya pada Rabu, 2 Maret 2022 mengatakan suara warga NU akan menyebar ke sejumlah parpol.

Adapun parpol tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sholeh mengatakan hasil survei itu menunjukkan adanya pergeseran suara dari PKB ke Gerindra.

“Secara umum suara warga NU menyebar. Prosentase jarak antar Parpol, terutama Gerindra, PDIP dan PKB yang tipis menyiratkan bergesernya sebagian pemilih PKB terutama ke Gerindra,” ujarnya dilansir Kamis, 3 Maret 2022.

Baca Juga: Harga BBM Naik Lagi! Simak Harga Terbaru Pertamax, Pertamina Dex, Pertalite dan Dexlite

Demikian salah satu kesimpulan dari ‘Outlook Parpol 2024 Pilihan Warga NU di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim)’.

Penelitian komparatif tersebut melibatkan pemilihan dua kelompok, yakni kelompok pemilih Pemilu 2019 dan kelompok pemilih 2022.

Baca Juga: Menggali Keunikan Karakter Suara Ageng Kiwi Lewat Lagu Terlalu

Halaman:

Editor: Muhammad Ibrahim

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x