9 Desa di Jatigede Disiapkan Jadi Kawasan Agrowisata Berkelanjutan

- 8 Maret 2022, 16:11 WIB
Sekda Sumedang Herman Suryatman.
Sekda Sumedang Herman Suryatman. /

GALAMEDIA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang berencana mengembangkan agrowisata berkelanjutan di Kecamatan Jatigede yang difokuskan di sembilan desa, yaitu Desa Cijeungjing, Jemah, Ciranggem, Mekarasih, Cisampih, Cipicung, Kadu, Cintajaya dan Lebaksiuh.

Guna mewujudkan rencana itu, Pemkab Sumedang telah menggandeng BUMN dan lembaga yang dinaungi Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE).

Terkait hal itu, Sekda Sumedang Herman Suryatman mengatakan, untuk mendorong pengembangan desa agrowisata tersebut, ada beberapa cakupan program lain yang turut dikembangkan selain pariwisata. Diantaranya peningkatan kualitas gula aren dan produk turunannya, pengembangan budidaya ikan nila dengan sistem bioflok, dan peningkatan kualitas mangga gedong gincu dan produk turunannya.

"Semua potensi yang ada di sembilan desa tersebut, akan kita optimalkan untuk dikembangkan sebagai Kawasan Agrowisata Berkelanjutan. Dan kami sudah menggandeng pihak Yayasan Masyarakat Indonesia Emas, untuk mewujudkan rencana itu," kata Herman, Selasa 8 Maret 2022.

Baca Juga: Mba Lala Sebut Rafathar Suka ke Arsy, Netizen Auto Baper Maksimal Lihat Momen Kebersamaan Dua Anak Sultan Ini

Dengan dibangunnya format eksosistem tersebut, lanjut Sekda, desa-desa di Jatigede menjadi kuat ekonominya dan pada akhirnya bisa berkontribusi bagi Kabupaten Sumedang menjadi destinasi destinasi wisata agro.

"Kita akan berbagi tugas. Pemda menyiapkan kebijakan, fasilitasi SDM dan budgetnya. Demikian juga YMIE berkontribusi dari segi pelatihan, peralatan dan perlengkapannya. Bahkan Desa Jemah dan Desa Cijeungjing akan kita lombakan dalam ajang Desa Wisata," tuturnya.

Sebelumnya, Imam Birowo selaku Ketua Tim dari YMIE menjelaskan, selain kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten, pihaknya juga langsung bekerja sama dengan kecamatan dan desa untuk mengangkat potensi desa, terutama desa wisatanya.

"Ada dua desa yang menjadi fokus untuk saat ini, yaitu Desa Cijeungjing dan Jemah. Targetnya desa ini diikutkan dalam award yang nanti akan digelar Kemenparekraf RI," katanya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x