Keren! Jakarta Resmikan 30 Bus Listrik, Anies Baswedan: Mengurangi Polusi Udara dan Kemacetan

- 9 Maret 2022, 15:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan penggunaan bus listrik di Jakarta. Facebook /Anies Baswedan/
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan penggunaan bus listrik di Jakarta. Facebook /Anies Baswedan/ /

GALAMEDIA - Pada Rabu, 9 Maret 2022, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan sejumlah 30 bus listrik resmi digunakan secara bertahap untuk rute TransJakarta.

Penggunaan bus listrik itu merupakan pengoperasian bus listrik pertama di Indonesia untuk transportasi umum.

Anies Baswedan mengatakan bahwa hingga akhir tahun 2022 akan terus bertambah hingga 100 bus listrik yang beroperasi di Jakarta.

Baca Juga: Sempat Janji akan Beri Rp2 M, Polisi BONGKAR Kedok Indra Kenz yang Hanya Cairkan Rp10 Juta untuk Kekasihnya

Kabar tersebut disampaikannya melalui akun media sosial Facebook resmi milik Anies Baswedan yang diunggah pada Rabu, 9 Maret 2022.

Gubernur DKI Jakarta ini menekankan bahwa penggunaan bus listrik di Jakarta merupakan upaya dalam menanggulangi polusi udara dan mengurangi kemacetan di Jakarta.

"Ini komitmen kita untuk mengurangi polusi udara, sekaligus mengurangi kemacetan di Jakarta," kata Anies Baswedan dalam pernyataannya dikutip Galamedia pada Rabu, 9 Maret 2022.

Baca Juga: Link Gratis Persib vs Arema FC Malam ini, Pertandingan Super Big Match yang Dipastikan Berlangsung Sengit

Anies Baswedan menjelaskan bahwa bus Listrik berpotensi menurunkan polusi suara hingga 28% dibandingkan pada bus diesel, emisi CO2 pada gas buang bus listrik juga dapat berkurang hingga 50,3%.

Tak hanya itu, penggunaan bus listrik juga bisa mengurangi emisi karbon, dan mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan.

"Jadi dengan bus listrik ini kita mengurangi emisi karbon, sekaligus di saat yang sama mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan," kata Anies.

Baca Juga: Bagikan Momen di Paris Fashion Show, Gaya Rey Mbayang dan Dinda Hauw Bikin Penggemar Kesengsem

Gubernur DKI Jakarta itu menekankan bahwa penggunaan bus listrik di Jakarta adalah komitmen kita dalam menyelamatkan bumi dengan mengurangi polusi udara.

"Kita berharap dengan adanya bus listrik ini maka masyarakat makin tersadarkan tentang teknologi ramah lingkungan dan pentingnya mengurangi emisi karbon di kota ini," paparnya.

Anies menjelaskan bahwa peluncuran Bus Listrik tersebut adalah hasil kerja bersama yang dirintis sejak tahun 2018, bersama institusi internasional dan dukungan dari sektor swasta.

Baca Juga: Resep Cake Lapis 3 Rasa untuk Ide Hampers Hari Raya, Tampilan Sederhana Rasa Mewah

Bagi masyarakat yang ingin mencoba menaiki bus listrik ini bisa dilakukan dengan cara naik di rute non BRT 1P (Terminal Senen – Bundaran Senayan).

Selanjutnya akan menyusul di rute 1R: Tanah Abang – Terminal Senen; 1N: Blok M – Tanah Abang; 6N: ragunan – Blok M.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x