David Bennett, Pasien Pertama Transplantasi Jantung Babi Akhirnya Meninggal Dunia

- 10 Maret 2022, 18:32 WIB
 David Bennett//instagram.com/colombogazette /
David Bennett//instagram.com/colombogazette / /

GALAMEDIA - Masih ingat dengan orang pertama yang menerima transplantasi jantung dari babi yang dimodifikasi secara genetik dua bulan lalu?

David Bennett (57) telah menerima transplantasinya pada 7 Januari dan meninggal 8 Maret 2022, tepat setelah 2 bulan pertama kali operasi dilakukan.

Pihak rumah sakit belum memberitahukan detail penyebab dan kondisi detail pasien sebelum meninggal, tetapi kondisinya disebut sudah mulai memburuk beberapa hari terakhir.

Meski sempat menjalani aktivitas seperti biasa, David Bennett pada akhirnya menghembuskan nafas terakhir di Senin, 7 Maret 2022, usai menjalani perawatan paliatif.

Baca Juga: Bom Guncang Orchard Road Singapura, Sejumlah Orang Tewas dan Puluhan Lain Luka-luka, Sejarah 10 Maret

"Tidak ada penyebab jelas yang diidentifikasi pada saat kematiannya," kata juru bicara rumah sakit seraya menambahkan bahwa dokter sedang melakukan tinjauan yang akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah, dilansir dari Antara.

Dalam kondisi David Bennett, dirinya memang tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung konvensional. Satu-satunya jalan yang ditawarkan para dokter adalah transplantasi babi.

Dikutip dari NY Times, proses ini juga disebut Xenotransplantasi, proses pencangkokan atau transplantasi organ hewan ke manusia. Banyak ahli bahkan menggunakan darah dan kulit hewan dalam proses medis, dilakukan sejak ratusan tahun lalu.

Tepat 1960 silam, ginjal simpanse ditransplantasikan ke beberapa pasien manusia, tetapi penerima paling lama bertahan hidup selama sembilan bulan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x