Masyarakat Tak Perlu Khawatir, Menteri Pertanian Pastikan Stok Pangan Jelang Ramadhan Aman

- 11 Maret 2022, 14:15 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo
Mentan Syahrul Yasin Limpo /Instagram/@syasinlimpo/

GALAMEDIA - Menjelang bulan Ramadhan yang akan segera datang, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pastikan ketersediaan stok pangan aman.

Hal ini menjawab kekhawatiran masyarakat yang saat ini sedang was-was terhadap beberapa stok pangan menjelang bulan Ramadhan, mengingat minyak goreng juga saat ini masih langka dan harga sangat tinggi di pasaran.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Harga Minyak Goreng Masih 'Licin,' Mantan Menteri Kelautan Lontarkan Sindiran

Menurut Syahrul Yasin Limpo menegaskan masalah pangan menjelang Ramadhan aman dari mulai ketersediaan dan harga dipastikan tidak akan melambung tinggi, hal ini sudah dilakukan dari pengukuran-pengukuran yang sudah dilakukan pihaknya.

"Melihat masalah pangan itu ada dua sisi. Yang pertama ketersediaan. Yang paling penting, masalah ketersediaan bisa kita jalani dengan betul dan tentu dilakukan pengukuran-pengukuran dari ketersediaan yang ada," kata Syahrul dikutip Galamedia dari laman Antara, Jumat, 11 Maret 2022.

"Yang kedua, melihat pangan dari stabilitas harga. Dan tentu saja kalau dia menjadi harga yang terkait dengan importasi, dia sangat terkait atau terkontrasi dengan harga-harga global atau harga internasional harian," sambungnya.

Baca Juga: Bank Bjb Kian Mantap, Hari Pertama Perdagangan HMETD Tembus 75 Persen

Meski demikian, di pasaran masih terdapat harga pangan yang melambung akhir-akhir ini seperti harga tahu dan tempe.

Namun Mentri Pertanian menjelaskan hal tersebut terjadi karena ada masalah dan kegagalan panen di tempat bahan baku impor sehingga menghambat dan harga sedikit membengkak.

Sebagai langkahnya sebelum memasuki bulan suci Ramadhan, Menteri Pertanian akan mendorong produksi bahan baku lokal dengan program yang dibentuknya agar hal ini membantu kelancaran distribusi dan membantu para petani.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x