Sempat Tertahan di Arab Saudi, 3 Warga Cianjur Jabar Berhasil Dipulangkan JQR

- 11 Maret 2022, 22:14 WIB
Warga Asal Kabupaten Cianjur Kembali Ke Tanah Air, Setelah Tertahan di Arab Saudi, Rabu, 9 Maret 2022./dok.JQR
Warga Asal Kabupaten Cianjur Kembali Ke Tanah Air, Setelah Tertahan di Arab Saudi, Rabu, 9 Maret 2022./dok.JQR /

GALAMEDIA - Tiga warga asal Kabupaten Cianjur akhirnya bisa kembali ke kampung halamannya setelah sebelumnya tertahan di Riyadh Arab Saudi.

Hal tersebut, merupakan kolaborasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat di tingkat pusat maupun daerah.

Ketua Umum JQR, Bambang Trenggono menerangkan, pada awalnya lembaga kemanusiaan Jabar Quick Response (JQR) diperintahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk menyelesaikan masalah warga Jabar yang tertahan di Arab Saudi.

"Pak Gubernur memiliki perhatian khusus terhadap nasib para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jabar. Maka dari itu kami diminta langsung oleh beliau untuk mengawal proses pemulangan PMI asal Cianjur yang tengah bekerja di Riyadh Arab Saudi," ungkapnya di Kota Bandung, Jumat, 11 Maret 2022.

Sebelumnya satu keluarga yang terdiri dari seorang ibu bernama Maisurah yang merupakan Pekerja Imigran Indonesia (PMI) dan dua anaknya tak bisa pulang ke tanah air.
Penyebabnya, selain tidak memiliki ongkos pulang, salah satu puteranya memiliki masalah kesehatan dan juga terkendala administrasi kependudukan.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan, Kementerian Agama Bentuk Tim Khusus Pengelolaan Zakat

“Selain mengawal proses pemulangan Ibu Maisaroh dan kedua anaknya, proses pemulihan dan pengobatan anaknya juga menjadi prioritas kami. Maka dari itu kami segera respons dan berkonsolidasi dengan OPD terkait baik dari lingkup pemerintah provinsi maupun kabupaten,” ujarnya.

Bambang menyebutkan dalam kasus tersebut pihak Pemprov Jabar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Sosial (Dinsos), dan juga Dinas Kesehatan Jabar berperan aktif dalam memberikan layanan perlindungan bagi PMI.

“Hal ini merupakan ciri bagaimana negara hadir dalam permasalahan warganya dimanapun dia berada,” katanya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x