Harga Minyak Goreng Melambung Lebih dari Rp40 Ribu, Ketua DPRD Kota Bandung Desak Pemerintah Tetapkan HET

- 17 Maret 2022, 19:28 WIB
 Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M.
Ketua DPRD Kota Bandung H. Tedy Rusmawan, A.T., M.M. /Foto : Humpro DPRD Kota Bandung/

GALAMEDIA - Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mendesak pemerintah pusat agar menetapkan kembali harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan premium. Pasalnya, bila diserahkan ke pasar, maka harga minyak goreng premium melambung cukup tinggi lebih dari Rp40.000 untuk dua liter.

"Berapa besaran HET-nya yang jelas tidak memberatkan masyarakat. HET kemarin sebesar Rp 14.000 per liter, saya rasa sudah ideal, " ujar Tedy, Kamis, 17 Maret 2022.

Dikatakannya, pemerintah harus punya sikap jangan seperti diatur oleh pengusaha. Hal ini terlihat dari minyak goreng kemasan premium yang awalnya langka di pasaran, tiba-tiba penuh di rak-rak toko modern atau ritel setelah harganya dilepas ke pasar.

"Sekarang ketika harga dibebaskan, di toko modern minyak goreng premium menumpuk. Kalau barang menumpuk, enggak ada yang beli juga bagaimana, " terangnya.

Baca Juga: Doa Malam Nisfu Syaban, Baca Setelah Laksanakan Sholat Nisfu Syaban Lengkap Beserta Artinya

Karena itulah, pihaknya meminta pemerintah pusat untuk melindungi masyarakat apalagi saat ini masih pandemi. Caranya dengan menetapkan HET untuk minyak goreng kemasan premium. Karena ia menilai adanya permainan yang entah dilakukan di level mana.

"Nyata-nyata harga tinggi, tapi minyak goreng kemasan premium ngaburudul, jadi kita berpikir itu sebelumnya disimpen di mana, " terangnya.

"Realitasnya masyarakat juga mempertanyakan hal itu. Belum lagi minyak goreng curah yang HET-nya menjadi Rp 14.000 per liter di lapangan masih ada yang Rp 17.000 per liter," ungkapnya.

Sebelumnya pun, ungkap Tedy, pemerintah mengeluarkan statemen bila harga minyak goreng kemasan premium Rp 14.000 per liter berlaku selama enam bulan. Namun baru dua bulan, kebijakan itu dicabut. Malahan harganya kini tidak bersahabat dengan warga.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x