Amalan Malam Nisfu Syaban yang Dianjurkan Agar Rizki Lancar, Perbanyak Istighfar

- 17 Maret 2022, 19:33 WIB
Ilustrasi malam Nifsu Saban.
Ilustrasi malam Nifsu Saban. /Pixabay/andsproject

GALAMEDIA - Malam Nisfu Syaban adalah malam pengampunan, dimana pada malam Nisfu Syaban malaikat Rokib dan Atid menyerahkan seluruh catatan amal umat manusia kepada Allah SWT.

Biasanya malam Nisfu Syaban terletak setiap tanggal 15 bulan syaban, untuk itu malam Nisfu Syaban diyakini sebagai malam yang dimuliakan.

Dilansir dari berbagai sumber untuk menyambut malam Nisfu Syaban umat muslim dianjurkan perbanyak membaca Alquran dan berzikir.

Adapun deretan amalan yang bisa dilakukan ketika malam Nisfu Syaban.

1. Perbanyak do'a
Memperbanyak do'a merupakan suatu amalan yang dianjurkan dimalam Nisfu Syaban, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan al-Baihaqi menyebutkan bahwa Allah Swt turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian atau kemunafikan (HR al-Baihaqi).

Baca Juga: Baca Doa Ini di Malam Nisfu Syaban, Dosa Dihapus, Rezeki Luas dan Terhindar dari Kesialan

2. Membaca dua kalimat syahadat
Pada malam Nisfu Syaban kita dianjurkan untuk membaca dua kalimat syahadat, namun tidak hanya dimalam Nisfu Syaban saja, membaca dua kalimat syahadat bisa dimana pun dan kapanpun.

3. Memperbanyak Istighfar
Istighfar merupakan salah satu upaya bagaimana umatnya untuk mengingat sang pencipta, selain itu istighfar juga membuat manusia mawas diri bahwa tidak ada yang bisa lepas dari dosa dan salah. Istighfar juga merupakan amalan yang bisa dilakukan ketika datangnya malam Nisfu Syaban agar Allah SWT senantiasa mengampuni seluruh dosa kita.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Melambung Lebih dari Rp40 Ribu, Ketua DPRD Kota Bandung Desak Pemerintah Tetapkan HET

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x