Berikut Tata Cara dan Niat Mandi Wajib Bagi Pria dan Wanita Sebelum Bulan Puasa, Kata Ustad Adi Hidayat

- 18 Maret 2022, 17:46 WIB
Ustadz Adi Hidayat./Tangkapan layar YouTube
Ustadz Adi Hidayat./Tangkapan layar YouTube /

GALAMEDIA - Mandi wajib atau biasa disebut juga mandi junub adalah proses pembersihan diri dari hadas besar dan hadas kecil.

Sebab orang melaksanakan mandi wajib yaitu karena, keluarnya air mani baik pria atau wanita setelah berhubungan suami istri dan akan melaksanakan ibadah puasa.

Ustad Adi Hidayat menuturkan, tata cara dan niat mandi wajib bagi pria dan wanita harus dilakukan secara detail, seperti yang tercantum dalam hadis shahih.

Pertama dilakukan dengan membaca niat terlebih dahulu, ‘aku niat menghilangkan najis besar, hadats besar dari badanku lillahi ta’ala,’.

Kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan hingga ke sela-sela menggunakan sabun, dilanjutkan dengan membersihkan bagian kemaluan menggunakan tangan.

“Setelah dirasa bersih, lalu kita berwudhu seperti layaknya akan sholat,” kata Ustad Adi Hidayat, dilansir YouTube Adi Hidayat Official, Jum’at 18 Maret 2022.

Baca Juga: Berikut Cara Untuk Atasi Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan Kata dr. Zaidul Akbar

Berikutnya kita ambil sedikit air lalu siram ke bagian kepala, pijat-pijat hingga air terasa masuk ke pori-pori kepala atau ke sela-sela rambut sama seperti keramas.

Langkah berikutnya yaitu siram air ke seluruh tubuh sambil di gosok supaya najis atau kotoran yang menempel di tubuh kita hilang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x