Petugas Damkar Cimahi Dilatih Menanggulangi Binatang Liar

- 18 Maret 2022, 19:23 WIB
Petugas Damkar Kota Cimahi mengikuti pelatihan edukasi animal rescue yang berlangsung di Mako Damkar Kota Cimahi Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 18 Maret 2022./Laksmi Sri Sundari/Galamedia
Petugas Damkar Kota Cimahi mengikuti pelatihan edukasi animal rescue yang berlangsung di Mako Damkar Kota Cimahi Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 18 Maret 2022./Laksmi Sri Sundari/Galamedia /

GALAMEDIA - Puluhan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi mengikuti pelatihan edukasi animal rescue yang berlangsung di Mako Damkar Kota Cimahi Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 18 Maret 2022.

Pelatihan yang mereka ikuti di antaranya penggunaan sumpit untuk penanggulangan binatang liar, dan identifikasi, serta penanggulangan ular dan binatang reptil lainnya. Mereka langsung mempraktikan cara menanggulangi binatang liar seperti ular, dan monyet liar.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Uus Supriyadi mengatakan, pelatihan edukasi animal rescue ini dilaksanakan guna meningkatkan keterampilan anggota dalam menangani evakuasi hewan liar, berbahaya, dan berbisa sesuai kategori penanggulangannya masing-masing.

Baca Juga: 19 Maret Ada Kejadian Apa? Nike Ardilla Meninggal Dunia Secara Tragis dalam Kecelakaan Mobil di Bandung

"Ini kegiatan lathan intern sebetulnya, tapi menitikberatkan pada bagaimana kita mendapatkan keterampilan dalam upaya penanggulangan binatang liar. Salah satunya adalah bagaimana penanganan evakuasi dari monyet liar," terang Uus.

Dalam kegiatan ini, pihaknya berkolaborasi dengan komunitas penyayang binatang, dan komunitas olahraga tradisional. Sehingga diharapkan, hewan hasil evakuasi dapat di karatina atau dikembalikan ke habitatnya masing-masing.

"Disini ada rekan kita dari komunitas olahraga tradisional, kita undang untuk memberikan ilmu kepada anggota kita bagaiaman cara penggunaaa sumpit sebagai media untuk penanggulangan dan penanganan binatang liar dengan menggunakan sumpit," bebernya.

"Selain untuk penanganan evakuasi binatang liar, penggunaan sumpit juga salah satu upaya dalam rangka menggiatkan kembali minat bakat olahraga tradisional yang selama ini kurang mendapat perhatian, dan jarang sekali di event-event daerah maupun event nasional," ujar Uus menambanhkan.

Baca Juga: LINK TWIBBON RAMADHAN 2022 Terpopuler, Cocok Digunakan di Media Sosial Sambut Bulan Suci 1443 Hijriah

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x