Wanadri dan BBKSDA Jabar Gelar Sekolah Kader Konservasi

- 19 Maret 2022, 10:22 WIB
Wanadri dan BBKSDA Jabar gelar sekolah kader konservasi
Wanadri dan BBKSDA Jabar gelar sekolah kader konservasi /Tangkapan layar Youtube/

GALAMEDIA - Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri bekerja sama dengan BBKSDA Jawa Barat menyelenggarakan Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi (SKKMK) 2022.

Kegiatan pelatihan untuk kader-kader konservasi ini akan dilangsungkan selama tiga hari, 25-27 Maret, di Kampus Alam Taman Buru Masigit Kareumbi Cicalengka Kabupaten Bandung.

“Kegiatan pelatihan ini merupakan yang kedua kali kami selenggarakan. Yang petama kami laksanakan pada tahun 2019,” kata Kepala Sekolah Kader Konservasi Masigit Kareumbi 2022, Rian ‘Bona’ Hendra Laksana (W1450-AKA).

Baca Juga: Singkat Tapi Penuh Makna, Berikut Kumpulan Ucapan Sambut bulan Ramadhan, Cocok Dibagikan di Medsos Lho!

Bona menjelaskan, tema kegiatan kali ini adalah "Membangun Kesadaran Ekologis: Urgensi atas Deforestasi, Polusi Karbon, dan Pencemaran Lingkungan".

Lebih jauh, Bona menjelaskan bahwa SKKMK merupakan sebuah model diklat konservasi, berbasis pendidikan kader konservasi sumber daya alam dan ekosistem. Model ini diadaptasi dan dikembangkan dari Pedoman Pembentukan Kader Konservasi yang telah digariskan oleh Kementerian LHK.

Anggota senior Wanadri, Yudi “Kacus” Suyudiman (Angin Lembah) menambahkan, pada diklat tersebut para peserta akan mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai pelestarian lingkungan hidup.

Baca Juga: Kalahkan Song Hye Kyo, Son Ye Jin Hingga Bae Suzy, Ini Aktris Korea Tercantik Tahun 2022 Versi Vote Netizen

”Ada panduan yang dikeluarkan KLHK dan menjadi bagian dari silabus kurikulumnya. Panduan itu bisa dianggap sebagai acuan agar lulusan SKK juga menjadi ‘kader lingkungan’ di masyarakat,” tutur Yudi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x