Menyambut Bulan Ramadhan yang Sudah di Depan Mata, Berikut 8 Hal Membatalkan Puasa, Nomor 2 Wajib Tahu!

- 22 Maret 2022, 10:44 WIB
Ramadhan. /Freepik.com/pikisuperstar
Ramadhan. /Freepik.com/pikisuperstar /

GALAMEDIA – Memasuki bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari, setiap umat muslim wajib tahu tentang hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Puasa sendiri adalah salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan, maka sebelum masuk bulan suci Ramadhan setiap umat muslim diwajibkan untuk bersiap.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan menjelang bulan Ramadhan yaitu memperbanyak ilmu untuk mengetahui hal yang bisa membatalkan puasa.

Baca Juga: 5 Amalan Jelang Bulan Ramadhan, Tambah Pahala dan Mempertebal Keimanan

Berikut 8 hal yang bisa membatalkan puasa kalian, jangan sampai kelewatan, informasi ini Galamedia rangkum dari berbagai sumber.

1. Muntah Dengan Sengaja

Seseorang yang muntah dengan sengaja akan membatalkan puasa, misalnya dengan memasukan jari ke mulut hingga akhirnya makanan di perut keluar lagi.

Tetapi jika dalam perjalanan tiba-tiba muntah, atau mual lalu muntah hal tersebut tidak membatalkan puasa, namun kalau muntahannya tertelan maka dia batal puasanya.

Baca Juga: Mengejutkan, Mantan Istri Doni Salmanan Beberkan Fakta Perubahan Sikap Usai Crazy Rich Bandung Ini

2. Haid dan Nifas

Kedua keadaan ini biasanya terjadi pada wanita, seluruh madzhab fiqih menyepakati jika keluarnya darah haid atau nifas maka batal puasanya, ia harus menunggu sampai masa haid nya selesai dan bersuci kembali.

3. Memasukan Benda Ke Lubang Tubuh

Berdasar kitab Al-Fath Qarib seseorang yang memasukan benda ke lubang tubuh seperti hidung, telinga atau mulut maka batal puasanya atau memasukan obat melalui lubang dubur bagi orang yang sembelit, maka ia batal puasanya.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Air Sedunia 22 Maret 2022 Terbaik, Cocok Dibagikan di Media Sosial

4. Hilang Akal Atau Gila

Seseorang yang hilang akal atau gila maka batal puasanya, karena ia tidak bisa membedakan mana yang halal dan haram, baik dan buruk maka dia keluar dari kewajiban berpuasa.

5. Murtad

Orang yang murtad adalah keluar dari agama islam, termasuk orang yang mengingkari keesaan allah, maka ia wajib bersyahadat dan mengqodho puasanya.

Baca Juga: Link Twibbon Hari Air Sedunia 22 Maret 2022 Terbaik, Cocok Dibagikan di Media Sosial

6. Menelan Dahak

Ternyata menelan dahak secara sengaja juga bisa membatalkan puasa, karena berasal dari rongga hidung yang masuk ke mulut sama halnya dengan muntah.

7. Keluarnya Air Mani (Sperma)

Berhubungan seksual sampai keluar mani akan membatalkan puasa jika dilakukan secara sengaja, kecuali dalam keadaan mimpi basah karena tidak sengaja.

Baca Juga: Rizky Bilar Bakal Jalani Pemeriksaan Terkait Kasus Doni Salmanan Pukul 11.00 WIB Pagi Ini

8. Sengaja Berhubungan Seksual

Kalau sengaja berhubungan badan di siang hari saat Ramadhan, dia bukan hanya batal puasanya tetapi harus mengganti puasa selama 2 bulan berturut-turut.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x