Perang Rusia vs Ukraina : Joe Biden Tuduh Rusia Akan Gunakan Senjata Kimia di Ukraina!

- 22 Maret 2022, 17:20 WIB
 Joe Biden Tuduh Rusia Akan Gunakan  Senjata Kimia di Ukraina!//Reuters
Joe Biden Tuduh Rusia Akan Gunakan Senjata Kimia di Ukraina!//Reuters /

GALAMEDIA - 'Tanda yang jelas' Putin menyatakan tuduhan palsu Rusia yang menyatakan bahwa Ukraina memiliki senjata biologis dan kimia adalah “tanda yang jelas” bahwa Vladimir Putin yang putus asa sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sendiri, kata Joe Biden.

Presiden AS itu mengatakan bahwa “punggung Putin berada di belakang tembok dan sekarang dia berbicara tentang bendera palsu baru yang dia buat termasuk, menegaskan bahwa kita di Amerika memiliki senjata biologi dan kimia di Eropa – sama sekali tidak benar. Saya jamin,” kata Biden di sebuah acara pada hari Senin, 21 Maret 2022.

Dilansir dari The Guardian, Biden mengatakan, “Mereka juga menyarankan bahwa Ukraina memiliki senjata biologi dan kimia di Ukraina. Itu pertanda jelas dia mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya. Dia sudah menggunakan senjata kimia di masa lalu, dan kita harus berhati-hati dengan apa yang akan terjadi.”

Putin “tahu akan ada konsekuensi berat karena front persatuan NATO,” katanya, tanpa merinci tindakan apa yang akan diambil aliansi tersebut.

Baca Juga: Lagu Maniac - Stray Kids, Ini Liriknya

Pernyataan tersebut menggemakan komentar sebelumnya oleh para pejabat di Washington dan negara-negara sekutu, yang menuduh Rusia menyebarkan klaim yang belum terbukti bahwa Ukraina memiliki program senjata biologis sebagai kemungkinan awal untuk berpotensi meluncurkan serangan biologis atau kimianya sendiri.

Biden berbicara setelah Pentagon mengatakan telah melihat "bukti yang jelas" pasukan Rusia melakukan kejahatan perang dan membantu mengumpulkan bukti.

Pekan lalu, presiden AS mengatakan dia pikir Putin adalah "penjahat perang", serta "diktator pembunuh" dan "penjahat", komentar kementerian luar negeri Rusia mengatakan "tidak layak untuk tokoh negara berpangkat tinggi" dan berisiko merusak hubungan AS-Rusia.

Pengadilan internasional PBB telah memerintahkan Moskow untuk menghentikan invasinya, dan seorang jaksa di pengadilan kriminal internasional telah meluncurkan penyelidikan kejahatan perang.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x