Diapresiasi Kapolri, Pengungkapan 1,196 Ton Sabu oleh Polda Jabar Jadi yang Terbesar

- 24 Maret 2022, 16:55 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers yang digelar di Pusdik Intelijen, Kabupaten Bandung, Kamis, 24 Maret 2022./Remy Suryadie/Galamedia
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers yang digelar di Pusdik Intelijen, Kabupaten Bandung, Kamis, 24 Maret 2022./Remy Suryadie/Galamedia /

GALAMEDIA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ungkapan Polda Jawa Barat yang gagalkan penyelundupan narkoba sabu jaringan internasional dengan berat 1,196 ton, merupakan ungkapan terbesar hingga pertengahan tahun ini.

Masih dikatakannya, sepanjang Januari hingga Maret tahun 2022, Polri sudah mengungkap sejumlah kasus berkaitan narkoba. Total barang bukti yang berhasil disita di antaranya 2,73 ton sabu, 7,24 ton ganja dan 230 ribu butir ekstasi.

"Salah satu pengungkapan tersbesar adalah perdagangan dari luar negeri dengan metoda ship to ship di perairan Pangandaran pada 16 Maret 2022. Ada lima orang tersangka yang ditangkap dengan barang bukti 66 karung berisi 1,196 ton sabu. Ini menjadi salah satu pengungkapan besar di awal menjelang pertengahan tahun di antara pengungkapan yang telah dilakukan," terang Sigit kepada wartawan dalam pres rilis di Pusdik Intel, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis 24 Maret 2022.

Baca Juga: MotoGP Mandalika Tahun Depan Dipastikan Akan Lebih Baik

Dengan adanya pengungkapan terbesar ini, Sigit berharap anak buahnya terus melakukan pengungkapan kasus narkoba. Pasalnya, menurut Sigit, narkoba merupakan salah satu perusak generasi bangsa.

"Pengungkapan ini bukan hanya saat ini, saya berharap kedepan ungkapan besar terus dilakukan. Dan yang paling penting bagaimana kita mencegah narkoba, agar tidak masuk ke dalam negeri. Selain itu bagaimana memberikan hukuman maksimal kepada pelaku, bandar sehingga Indonesia tidak menjadi pasar untuk mereka," tegas Sigit.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar berhasil mengungkap praktik peredaran narkotika jenis sabu jaringan Internasional dengan mengamankan barang bukti sabu sebanyak 1,196 ton.

Baca Juga: Terungkap! Aksi Irjen Napoleon Bonaparte Bareng Tahanan Lain Saat Keroyok M Kece

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Kamis 24 Maret 2022, mengatakan, upaya penyelundupan barang haram tersebut terbongkar di Pantai Madasari Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022) pukul 14.00 WIB.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x