Jabar Targetkan Smart Cluster Kebencanaan di Setiap Desa

- 24 Maret 2022, 18:00 WIB
Jabar Targetkan Smart Cluster Kebencanaan di Setiap Desa./Rio Ryzki Batee/Galamedia
Jabar Targetkan Smart Cluster Kebencanaan di Setiap Desa./Rio Ryzki Batee/Galamedia /

GALAMEDIA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Jabar Quick Response terus meningkatkan kesadaran masyarakat agar siap dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan membentuk relawan-relawan kebencanaan di setiap lingkup terkecil masyarakat.

Kepala Divisi Media, Data, dan Pelayanan Informasi Jabar Quick Response (JQR), Aditya Sanggaputra, menjelaskan bahwa pihaknya berharap semua daerah di Jawa Barat terdapat relawan kebencanaan yang memahami situasi dan keterampilan dalam mitigasi bencana. 

"Jadi hadirnya relawan yang memiliki skill dasar dalam tanggap kebencanaan," ungkapnya disela-sela Seminar Nasional "Peran Relawan Dalam Membangun Jabar Resilience Culture Province" di Hotel Preanger, Jln. Asia-Afrika, Kota Bandung, Rabu, 23 Maret 2022.

Baca Juga: Di Sumedang, Harmonisasi Unsur Forkompimda Makin Mesra

Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan sejumlah pemateri seperti dari BNPB, relawan kebencanaan, hingga akademisi.

Menurutnya kebutuhan ini tidak terlepas dari situasi di wilayahnya, yakni hampir semua daerah di Jawa Barat memiliki potensi bencana. Oleh karena itu, setiap kawasan harus tersedia relawan tersebut.

"Bagaimana agar tercipta smart cluster. Ini juga seiring dengan amanat Pak Gubernur, karena Jabar sudah punya cetak biru terkait kebencanaan," katanya.

Dikatakannya smart cluster ini diharapkan ada di setiap desa di Jawa Barat. Para relawan tersebut, diharapkan memiliki berbagai keahlian dan pemahaman terkait kebencanaan seperti manajemen posko.

"Para relawan dilatih bagaimana caranya mengelola posko dengan SDM yang ada. Serta terdapat manajemen data dan relasi sehingga diharapkan relawan dapat memberikan data, informasi, sekaligus teknik penyajiannya," tuturnya. 

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x