Wakil Menteri Pertanian Harvick: Persoalan Minyak Goreng Imbas Harga Sawit Tinggi

- 24 Maret 2022, 19:26 WIB
Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi./tangkapan layar
Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi./tangkapan layar /

GALAMEDIA - Wakil Menteri Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi menjelaskan bahwa persoalan minyak goreng yang terjadi saat ini sebagai imbas harga sawit internasional yang tinggi.

Meskipun demikian, pihaknya meminta agar masyarakat tetap berprasangka baik terhadap pemerintah.

"Kalau kita sikapi dan dari awal sudah dikomunikasikan dengan pelaku bisnis minyak goreng ini, harusnya tidak terjadi masalah yang sekarang terjadi," ungkapnya pada diskusi virtual Forum Diskusi Salemba Policy Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bertajuk “Strategi Pemerintah dalam Memenuhi Aspek Kebutuhan Pangan Pokok”, Rabu, 23 Maret 2022.

Menurutnya ada langkah tercepat, jangka menengah, dan jangka panjang dalam menjawab masalah kemandirian pangan yang diharapkan presiden. Meski begitu, soal kemandirian pangan, proteksi terhadap nasional harus selalu diedukasi ke masyarakat.

Baca Juga: Narkoba Merajalela di Indonesia, Bareskrim: Pasar yang Menggiurkan Bagi Jaringan Internasional

"Berpikir positif bagaimana soal kemandirian pangan ini. Langkah-langkahnya apa saja sih. Jika kita harus sulit dulu, diembargo dulu, kita harus lakukan sama-sama. Masyarakat harus bisa menerima itu dan pemerintahnya juga terbuka," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian mengatakan, strategi pemerintah dalam memenuhi aspek kebutuhan pangan pokok merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Jika kilas balik, ini merupakan janji di awal pemerintahan Presiden Jokowi untuk ketahanan pangan.

"ILUNI UI menilai ini hal penting, apalagi kita akan masuk bulan Ramadan, kami akan memberikan berbagai masukan yang diperlukan. Apalagi kita sebagai bangsa agrikultur harusnya punya potensi besar ketahanan pangan dan pembatasan impor," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x