Israel Didesak China untuk Segera Menghentikan Perluasan Pemukiman di Palestina

- 24 Maret 2022, 19:55 WIB
Ilustrasi pemukiman Israel.
Ilustrasi pemukiman Israel. /REUTERS/Baz Ratner

GALAMEDIA - Pemerintah Israel didesak oleh China untuk segera menghentikan perluasan pemukiman warga Israel di wilayah Palestina yang mereka duduki.

Perwakilan tetap China untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zhang Jun menuturkan, pihaknya menyerukan kepada Israel untuk menghentikan perluasan permukiman.

Zhang melanjutkan, pihaknya juga minta Israel menghentikan pengusiran warga Palestina, menghentikan penghancuran rumah warga Palestina, dan menciptakan kondisi untuk pembangunan komunitas Palestina di Tepi Barat,

"Seperti yang diserukan dalam resolusi dewan 2334," jelas Zhang seperti dilansir Galamedia dari Antara.

Zhang menyampaikan desakan itu dalam pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait situasi di Timur Tengah, termasuk isu Palestina.

Baca Juga: Luhut Ungkap Memiliki Big Data Soal Penundaan Pemilu 2024, IPRC : Ada Tiga Faktor Penting untuk Menguji

Dubes China itu menilai, aktivitas permukiman di wilayah Palestina yang diduduki melanggar hukum internasional, mengganggu kontiguitas wilayah Palestina yang diduduki, menekan ruang hidup rakyat Palestina dan memengaruhi prospek untuk mencapai solusi dua negara.

Zhang juga menyampaikan bahwa China prihatin atas situasi keamanan terkini yang memburuk di wilayah Palestina yang diduduki.

China turut menyatakan sangat berduka atas jatuhnya korban di pihak Palestina maupun Israel, yang disebabkan oleh kekerasan, terutama anak-anak Palestina.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x