Tim Sepakbola Putri Papua Berjaya Boyong Piala Pertiwi Tingkat Nasional

- 28 Maret 2022, 21:01 WIB
Tim sepakbola Putri Papua memastikan diri menjadi juara pada ajang Piala Pertiwi tingkat nasional.
Tim sepakbola Putri Papua memastikan diri menjadi juara pada ajang Piala Pertiwi tingkat nasional. /Sutanto_Nurhadi_Permana/

 

GALAMEDIA - Tim sepakbola Putri Papua memastikan diri menjadi juara pada ajang Piala Pertiwi tingkat nasional. Kepastian tersebut didapat setelah menang meyakinkan atas Tim sepakbola putri Bangka Belitung 3-1 pada partai final yang dilangsungkan di Lapangan Sabilulungan, Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Senin, 28 Maret 2022.

Pada pertandingan ini, Tim sepakbola Putri yang diwakili oleh Toli FC tertinggal lebih dulu setelah Tim sepakbola Putri Bangka Belitung mampu mencetak gol melalui Firanda pada menit ke 34. Firanda yang juga menjadi kapten tim mampu memanfaatkan bola liar hasil sepakan Sheva Imut dari eksekusi tendangan bebas. Papua tertinggal 0-1.

Selepas gol tersebut, Papua langsung meningkatkan penyerangan untuk mencetak gol penyeimbang. Empat menit berselang, Papua berhasil menyarangkan gol untuk membuat kedudukan imbang 1-1 lewat sepakan Marsela Yuliana Alwi. Gol tercipta setelah Marsela ketika ia mampu merebut bola dari penguasaan bek Bangka Belitung, Ade Mustikiana. Marsela kemudian melepaskan tendangan keras yang berakhir di gawang Bangka Belitung.

Berselang tiga menit, Papua mampu berbalik unggul 2-1. Kali ini melalui tendangan Remini Chere, pemain berposisi center back membantu penyerangan saat terjadi tendangan bebas. Mendapat bola liar di dalam kotak penalti, Remini kemudian melepaskan sepakan yang tak mampu ditepis oleh penjaga gawang Bangka Belitung, Ade Wandria. Papua unggul 2-1 hingga babak pertama usai.

Baca Juga: Eks Direktur PD Kebersihan Terus Edukasi Masyarakat Gaya Hidup Minim Sampah Dengan Buka Toko

Setelah istirahat, Bangka Belitung yang tertinggal tampil lebih agresif. Namun usaha mereka kerap digagalkan barisan pertahanan Papua yang bermain solid. Lewat skema serangan balik, Papua menambah keunggulan menjadi 3-1 lewat gol kedua Masela di menit ke 79. Hingga laga usai Papua mampu mempertahankan keunggulannya.

Manajer tim sepakbola Papua, Usman G Wanimbo bersyukur timnya bisa meraih gelar juara di ajang Piala Pertiwi tahun ini. Menurutnya, gelar juara tersebut merupakan hasil kerja keras dan perjuangan semua pemain dan staf pelatih. Ia pun berterima kasih atas dukungannya selama ini terutama kepada masyarakat Papua.

“Saya bangga, mengucap syukur kepada Tuhan karena ini suatu kesempatan istimewa. Pertama saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan ini dalam hal ini ketua PSSI, dan perangkat nya kemudian kita berterima kasih kepada pemerintah provinsi Papua, yang mana mendorong dunia sepakbola khususnya putri yang hari ini membuktikan bahwa kita bisa,” jelas Usman setelah pertandingan.

“Juara ini untuk pada umumnya masyarakat Papua, pemerintah Papua dan khususnya masyarakat Tolikara,” tambah Usman.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x