Tujuan Launching BUMDes se-Kabupaten Garut untuk Menggebyarkan Potensi dan Keunikan Desa

- 28 Maret 2022, 21:29 WIB
Kadis DPMD Jabar, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc, bersama Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Kabupaten Garut di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin 28 Maret 2022./Agus Somantri
Kadis DPMD Jabar, Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc, bersama Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, saat Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Kabupaten Garut di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin 28 Maret 2022./Agus Somantri /


GALAMEDIA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Dr. Ir. H. Dicky Saromi, M.Sc mengatakan, tujuan diadakannya Launching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Garut ini untuk menggebyarkan potensi dan keunikan desa.

Menurut Dicky, selain dari menggebyarkan potensi dan keunikan desa, launching BUMDes ini pun sebagai alat ukur keberhasilan pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk membangun Jawa Barat Juara.

Dicky menyebutkan, apa yang sudah pihak DPMD Provinsi lakukan, salah satunya dengan Launching BUMDes ini akan terus dirangkaikan dengan kegiatan desa – desa yang lainnya di Jabar ini.

"Karena masing–masing desa di seluruh Jawa Barat itu mempunyai keunikan dan mempunyai potensi, khususnya bagi mereka yang juga menjalankan ekonominya melalui Badan Usaha Milik Desa,' ujarnya saat launcing Bumdes tingkat kabupaten di Desa Wanajaya, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Senin 28 Maret 2022.

Dicky menuturkan, khusus untuk Kabupaten Garut sendiri, menjadi Kabupaten pertama untuk dilakukannya launching BUMDes pertama di Provinsi Jawa Barat ini, khususnya BUMDes yang berbasiskan Perbankan.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelupaan, Berikut Ini Bacaan Doa Menjelang Ramadhan yang Sering Dilupakan Banyak Orang

"Jadi ada 41 kecamatan. Masing – masing satu kecamatan ada satu desa yang kita mulai kerjasama dengan Bank Jabar, bekerja sama dengan PT. Pos, dan Unilever, Bekerja sama dengan Pegadaian, dan seterusnya," ucapnya.

Dicky menambahkan, kerja sama ini juga menjadi awal mula dalam memajukan desa melalui BUMDesnya itu sendiri. Dan beberapa produk yang sudah dilihat tadi, termasuk dengan Maskaranya, terangnya, hal ini menunjukkan begitu hebatnya potensi Kabupaten Garut yang perlu digebyarkan.

Baca Juga: Berikut Ini Kumpulan Ucapan dan Link Twibbon Menyambut Bulan Ramadhan, Cocok Dibagikan di Sosial Media

Dalam kesempatan tersebut, Dicky juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, melalui DPMD Kabupaten Garutnya, dan Desa Wanajaya yang sudah menjadi Tuan Rumah untuk launching BUMDes ini.

"Semoga pada launching ini menjadi kesuksesan dan memajukan desa, untuk Jawa Barat Juara," katanya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x