Partai Gerindra Bakal Bersaing Ketat dengan PDIP di Pilpres 2024, Peneliti IPS: Publik Kian Mantap ke Prabowo

- 28 Maret 2022, 21:43 WIB
Prabowo Subianto.
Prabowo Subianto. /ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA

GALAMEDIA - Peneliti Indonesia Polling Stastions (IPS) Alfin Sugianto mengatakan hasil survei lembaganya menunjukkan elektabilitas Partai Gerindra meningkat signifikan daripada perolehan suara partai tersebut pada Pemilu 2019 karena pemilih Prabowo yang loyal.

"Saat ini berdasarkan survei IPS elektabilitas Partai Gerindra mencapai 16,5 persen atau meningkat sekitar 4 persen dari perolehan suaranya pada Pemilu 2019," kata Alfin dalam keterangannya, Senin, 28 Maret 2022.

Ia menyebutkan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan elektabilitas yang cukup signifikan Partai Gerindra adalah masih tetap loyalnya para pemilih Prabowo Subianto untuk memilih Partai Gerindra.

Menurut dia, jika tren positif tersebut bisa dijaga, bukan tidak mungkin Partai Gerindra akan bersaing ketat dengan PDI Perjuangan dalam memperebutkan posisi puncak pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Jangan Sampai Kelupaan, Berikut Ini Bacaan Doa Menjelang Ramadhan yang Sering Dilupakan Banyak Orang

"Sementara itu, elektabilitas PDI Perjuangan masih tertinggi sebesar 20,9 persen. Di urutan selanjutnya ada Partai Golkar 11,4 persen, Partai Demokrat 8,3 persen, PKS 7,7 persen, dan PKB 7,1 persen," ujarnya.

Selain itu, Alfin menjelaskan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto di urutan pertama mencapai 27,4 persen, urutan kedua Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 18,9 persen, urutan ketiga Anies Baswedan dengan elektabilitas 15,9 persen.

"Publik kelihatannya makin mantap menjatuhkan pilihannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut untuk memimpin Indonesia periode 2024—2029," katanya.

Menurut dia, meskipun berbagai kemungkinan bisa terjadi, melihat tren elektabilitas Prabowo yang stabil dalam 1,5 tahun maka peluang Menteri Pertahanan tersebut menjadi presiden terbuka lebar.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x