Fosil Burung Hantu Pertama Ditemukan di China, Ternyata Bisa Aktif di Siang Hari

- 29 Maret 2022, 18:37 WIB
Kerangka fosil burung hantu yang telah punah ditunjukkan dalam sebuah studi baru/tim peneliti.
Kerangka fosil burung hantu yang telah punah ditunjukkan dalam sebuah studi baru/tim peneliti. /

 


GALAMEDIA - Para ahli paleontologi menemukan kerangka fosil burung hantu yang aktif di siang hari dan hidup lebih dari enam juta tahun lalu dalam kondisi sangat baik di China barat laut.

Tulang mata yang telah menjadi fosil dari kerangka itu mengungkapkan bahwa burung hantu yang telah punah tersebut aktif di siang hari, bukan malam hari, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Science pada Selasa, 29 Maret 2022.

Itu menjadi catatan pertama tentang burung hantu purba yang aktif di siang hari.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Li Zhiheng dan Thomas Stidham dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China menamai spesies itu Miosurnia diurna mengacu pada kerabat dekatnya yang masih hidup, Burung Hantu Elang Utara diurnal.

Baca Juga: Fadli Zon Dipecat dari Kursi DPR RI, Benarkah? Cek Fakta dan Penjelasannya

Kerangka fosil itu ditemukan di bebatuan deposit pada ketinggian lebih dari 2.100 meter di Cekungan Linxia di Provinsi Gansu, China, atau tepatnya di tepi Dataran Tinggi Qinghai-Tibet, menurut penelitian tersebut.

Fosil tersebut terawetkan hampir seluruh kerangka mulai dari ujung tengkorak kemudian sayap dan kaki hingga tulang ekor, beserta bagian-bagian tubuh yang jarang terlihat sebagai fosil seperti tulang-tulang organ lidah, urat sayap dan otot kaki, bahkan sisa-sisa makanan terakhirnya berupa mamalia kecil.

"Ini adalah pengawetan yang menakjubkan dari tulang mata di tengkorak fosil ini yang memungkinkan kita untuk melihat bahwa burung hantu ini lebih menyukai siang dan bukan malam," kata Li, penulis pertama makalah tersebut.

Hewan nokturnal (aktif di malam hari) membutuhkan mata yang lebih besar secara keseluruhan dan pupil yang lebih besar untuk melihat dalam kondisi cahaya redup, tetapi hewan diurnal (aktif di siang hari) memiliki mata dan pupil yang lebih kecil.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x