Genjot Penerimaan Pajak, Kanwil DJP Jabar Gandeng Kepolisian dan Kejaksaan

- 29 Maret 2022, 21:13 WIB
Konferensi pers pada kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) terkait Penanganan Tindak Pidana Bidang Perpajakan yang digelar Kanwil DJP Jawa Barat, di Kota Bandung, Selasa, 29 Maret 2022./IST
Konferensi pers pada kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) terkait Penanganan Tindak Pidana Bidang Perpajakan yang digelar Kanwil DJP Jawa Barat, di Kota Bandung, Selasa, 29 Maret 2022./IST /

GALAMEDIA - Kementerian Keuangan terus menggenjot penerimaan pajak. Di Jabar, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak atau DJP Jabar I menggandeng Polda Jabar dan Kejati Jabar.

Staf Ahli Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Kementerian Keuangan, Iwan Juniardi mengatakan, potensi penerimaan pajak di Jabar sejauh ini relatif belum optimal.

Pada 2021, realisasi penerimaan pajak dari Direktorat Jenderal Pajak atau DJP Jabar I, II, dan III mencapai Rp 79 triliun.

"Tahun lalu, dari DJP Jabar I, II, dan III itu realisasi penerimaan pajak mencapai Rp 79 triliun. Kita ingin terus meningkatkan angka tersebut karena potensi di Jabar ini masih besar," kata Iwan di sela FGD Penanganan Tindak Pidana Bidang Perpajakan di Bandung, Selasa, 29 Maret 2022.

Baca Juga: Jurnalis Metro TV Diduga Dipukul Oknum Polisi, IJTI Minta Kapolda Turun Tangan

Untuk itu, Iwan menyebutkan pihaknya menggandeng Polda Jabar dan Kejati Jabar sebagai aparat penegak hukum.

Sinergi dan koordinasi yang dilakukan itu diakuinya guna memberikan kepastian hukum dan keadilan bagi masyarakat.

Iwan menyebutkan, saat ini kasus Covid-19 pun relatif melandai dan terkendali. Apalagi, industri pengolahan dan manufaktur yang menjadi andalan penerimaan pajak dari Jabar saat ini mulai menggeliat.

Kondisi pandemi diakuinya memberikan dampak penurunan terhadap tax ratio. Namun, pada 2021 angka rasio itu sudah mulai tumbuh. Jika pada 2020 lalu tax ratio hanya 8,8%, pada 2021 angkanya mulai meningkat menjadi 9,1%.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x