Menag Yaqut: Saudi Saja Toa Masjid Diatur, Jadi yang Masih Ribut Aturan Toa Berarti Kurang Piknik

- 31 Maret 2022, 11:17 WIB
Menag Yaqut: Saudi Saja  Toa Masjid  Diatur, Jadi yang Masih Ribut Aturan Toa Berarti Kurang Piknik!//Dok.Kemenag
Menag Yaqut: Saudi Saja Toa Masjid Diatur, Jadi yang Masih Ribut Aturan Toa Berarti Kurang Piknik!//Dok.Kemenag /

GALAMEDIA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kembali menyinggung aturan toa masjid yang beberapa waktu lalu heboh di masyarakat.

Dalam sambutannya di acara Konbes XXV GP Ansor di Kalimantan Selatan, Rabu, 30 Maret 2022, Gus Yaqut mengatakan Arab Saudi juga mengatur masalah pengeras suara masjid.

Dalam sambutannya, Gus Yaqut yang juga Ketua Umum GP Ansor meminta maaf karena akan mohon diri sejenak dari acara Konbes GP Ansor untuk kembali ke Jakarta mengantarkan tamunya, yakni Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Arab Saudi, Syekh Abdullatif bin Abdulaziz yang akan kembali ke negaranya.

Baca Juga: Bruce Willis Pensiun dari Dunia Akting karena Didiagnosis Menderita Afasia

Dikutip dari akun YouTube GP Ansor, Rabu, 30 Maret 2022, masih di acara Konbes XXV GP Ansor di Kalimantan Selatan, Menag Yaqut atau Gus Yaqut juga menyebut jika ada orang yang meributkan aturan toa masjid berarti kurang piknik. Sebab pemerintah Arab Saudi juga mengatur toa masjid.

"Sebagaimana berita yang kita baca dan kita dengar saksikan ternyata di Saudi itu sama seperti Indonesia urusan toa pun diatur. Jadi kalau orang ribut urusan toa berarti kurang piknik," ujarnya.

Gus Yaqut mendoakan pihak-pihak yang meributkan masalah aturan masjid agar bisa piknik ke Arab Saudi.

Baca Juga: LINK NONTON LIVE STREAMING Tinju Azka Corbuzier vs Vicky Prasetyo Hari Ini Pukul 20.00 WIB

Setidaknya, kata dia, untuk ibadah umrah. "Supaya tahu bahwa toa itu juga diatur di Saudi sana, bukan hanya di Indonesia," ujar Gus Yaqut.

"Ini mau ribut lagi enggak soal toa kira-kira?" tanya Yaqut ke hadirin yang disambut dengan gelak tawa. "Kalau saya teruskan ribut lagi ini pasti," ujarnya berseloroh.

Seperti diketahui, pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait pengaturan penggunaan pengeras suara di masjid atau toa menjadi polemik. Menag mengatakan pengaturan tersebut salah satunya bertujuan agar hubungan antarumat beragama lebih harmonis.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x