Kapan Akhir Musim Hujan di Bandung Raya? Catat Waktunya, BMKG Minta Masyaraat Waspada Cuaca Ekstrem

- 6 April 2022, 13:09 WIB
Ilustrasi - Kapan Akhir Musim Hujan di Bandung Raya? Catat Waktunya, BMKG Minta Masyaraat Waspada Puting Beliung.
Ilustrasi - Kapan Akhir Musim Hujan di Bandung Raya? Catat Waktunya, BMKG Minta Masyaraat Waspada Puting Beliung. /pexels

GALAMEDIA - Wilayah Bandung Raya sampai hari ini masih diguyur hujan hampir setiap hari.

Kapan akhir musim hujan di Bandung Raya itu terjadi? Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memberikan prediksinya.

BMKG pun meminta masyarakat agar mewaspadai akhir musim hujan di Bandung Raya yang terjadi pada April 2022 ini dan kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, pada akhir musim hujan April ini, curah hujan diprediksi akan terjadi lebih tinggi dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga: Dipuji Ganteng Oleh Maia Estianty, Jawaban King Faaz Bikin Publik Terkesima

"Kondisi ini, disebabkan tingginya aktivitas pembentukan awan konvektif yang disebabkan oleh faktor labilitas atmosferik lokal," kata Teguh di Bandung, Rabu, 6 April 2022.

Ketika curah hujan meningkat, menurutnya potensi bencana hidrometeorologi juga meningkat. Terutama, kata dia, fenomena alam yang berpotensi terjadi yakni angin kencang atau angin puting beliung hingga hujan es.

"Perubahan cuaca yang dinamis juga patut diwaspadai karena dapat menyebabkan menurunnya stamina atau imunitas tubuh," lanjutnya, dikutip dari Antara.

Selain itu, peralihan musim ini menurutnya berpotensi membuat suhu di wilayah Bandung Raya lebih dingin karena adanya proses pendinginan evaporatif. Teguh mengatakan proses pembentukan awan konvektif diawali oleh proses evaporasi.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x