Fadhilah Sholat Tarawih Malam Ke-7 Ramadhan

- 8 April 2022, 10:17 WIB
Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke-7 Ramadhan.//Ilustrasi tarawih.
Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke-7 Ramadhan.//Ilustrasi tarawih. /Humas Kota Bandung/

GALAMEDIA - Berikut penjelasan mengenai fadilah sholat tarawih malam ke-7 Ramadhan.

Bagi mayoritas umat muslim di Indonesia, malam ini Jumat, 8 April 2022 sudah memasuki malam ke-7 pelaksanaan sholat tarawih di bulan Ramadhan tahun ini.

Termasuk malam ke-7 Ramadhan, banyak keutamaan atau fadhilah yang bisa diraih dalam pelaksanaan sholat tarawih selama bulan Ramadhan.

Sebelum mengulas soal fadilah sholat tarawih malam ke-7, perlu diingat bahwa melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan hukumnya sunnah.

Baca Juga: Maria Ozawa 'Miyabi' Ketakutan Ketemu Vicky Prasetyo: Jangan-jangan Dia Sugar Daddy

Meskipun sunnah, sholat tarawih memiliki banyak keutamaan atau fadhilah seperti ibadah lainnya yang Allah lipat gandakan pahalanya.

Syekh Taqiyuddin Al-Hishni dalam kitabnya Kifayatul Akhyar menjelaskan bahwa kesunnahan sholat tarawih di bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

وَأما صَلَاة التَّرَاوِيح فَلَا شكّ فِي سنيتها وانعقد الْإِجْمَاع على ذَلِك قَالَه غير وَاحِد وَلَا عِبْرَة بشواذ الْأَقْوَال

Artinya: “Adapun shalat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang.”

Baca Juga: Akun Instagram Pemeran Drama Korea Our Blues, Sudah Follow?

Sementara itu, dalam hadits Nabi juga dijelaskan mengenai fadhilah atau keutamaan sholat tarawih.

Salah satu yang luar biasa dalam fadilah sholat tarawih di bulan Ramadhan adalah diampuninya dosa-dosa di masa lampau.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW pernah ditanya mengenai fadhilah sholat tarawih dari malam pertama sampai ke-30 oleh sahabat Nabi.

Baca Juga: Kapan Cuti Bersama Lebaran Idul Fitri 2022? Ini Penjelasan SKB 3 Menteri

Rasulullah SAW menjelaskan bahwa fadilah tarawih malam ke-7 adalah mendapat karunia Allah SWT seolah ia berjumpa dengan Nabi Musa AS dan membantu Nabi Musa melawan Firaun dan Haman.

Sehingga dapat dikatakan bahwa fadilah sholat tarawih malam ke-7 yaitu mendapat karunia Allah untuk bertemu dengan Nabi Musa AS dan membantunya melawan Firaun dan Haman.

Demikian informasi mengenai fadhilah sholat tarawih di malam ke-7 Ramadhan.

Wallahu 'alam bishawab.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x