Joe Biden Menuduh Vladimir Putin Melakukan Genosida di Ukraina

- 13 April 2022, 12:07 WIB
Joe Biden dan Vladimir Putin//instagram.com/joebiden|//instagram.com/leadervladimirputin
Joe Biden dan Vladimir Putin//instagram.com/joebiden|//instagram.com/leadervladimirputin /

GALAMEDIA - Joe Biden menuduh Rusia melakukan genosida di Ukraina, dengan mengatakan bahwa Vladimir Putin "berusaha menghapus gagasan menjadi orang Ukraina".

Hal itu ia sampaikan kepada wartawan pada Selasa, 12 April 2022, sesaat sebelum menaiki Air Force One di Iowa, seperti dikutip The National.

Dilansir dari The Guardian, Biden telah secara konsisten blak-blakan dalam mengecam pembunuhan besar-besaran Rusia terhadap warga sipil Ukraina, melabeli Putin sebagai "penjahat perang" pada pertengahan Maret.

Baca Juga: Resep Kacang Bawang Santan yang Super Gurih dan Renyah, Sajian Khas Lebaran Idul Fitri

Berbagai penyelidikan sedang dilakukan terhadap kekejaman Rusia di Ukraina, yang meliputi penghancuran Mariupol dan eksekusi warga sipil di pinggiran kota Bucha, Kyiv.

Jaksa di pengadilan pidana internasional di Den Haag membuka sebuah kasus pada bulan Februari dengan mengatakan ada “dasar yang masuk akal untuk percaya bahwa baik dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan telah dilakukan di Ukraina”.

Selama kegiatannya di Iowa, Biden juga telah menyiratkan sebutan genosida atas perang Rusia di Ukraina, namun tidak memberikan rincian.

Baca Juga: Ikatan Cinta Hari Ini 13 April 2022: Ammar Mahendra Punya Senjata Pamungkas Untuk Kalahkan Al

Ditanya kemudian tentang apakah dia bermaksud menerapkan istilah itu pada tindakan Rusia di Ukraina, Biden mengatakan kepada wartawan:

 “Ya, saya menyebutnya genosida karena semakin jelas bahwa Putin hanya mencoba untuk menghapus gagasan menjadi orang Ukraina.

“Dan buktinya terus bertambah,” katanya. “Lebih banyak bukti keluar dari hal-hal mengerikan yang telah dilakukan Rusia di Ukraina. Dan kita hanya akan belajar lebih banyak tentang kehancuran. Kami akan membiarkan pengacara memutuskan secara internasional apakah itu memenuhi syarat atau tidak, tetapi bagi saya tampaknya seperti itu.”

Baca Juga: Contoh Kultum Ramadhan atau Ceramah Singkat tentang Manusia yang Merugi di Bulan Ramadhan

Komentar Biden mendapat pujian dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang telah mendorong para pemimpin barat untuk menggunakan istilah itu untuk menggambarkan invasi Rusia ke negaranya.

"Kata-kata yang benar dari seorang pemimpin sejati," cuit Zelensky.

“Menyebut sesuatu dengan nama mereka sangat penting untuk melawan kejahatan. Kami berterima kasih atas bantuan AS yang diberikan sejauh ini dan kami sangat membutuhkan lebih banyak senjata berat untuk mencegah kekejaman Rusia lebih lanjut," tambahnya.

Baca Juga: Konten Kreator Harus Coba Realme Book Prime, Ini Spesifikasi dan Keunggulannya

Pembuktian suatu kasus di bawah Konvensi Genosida 1948 mensyaratkan “niat [oleh terdakwa] untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok nasional, etnis, ras atau agama”.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x