48 Orang Tewas Setelah Serangan Lintas Perbatasan Afghanistan - Pakistan

- 18 April 2022, 11:16 WIB
48 Orang Tewas Setelah Serangan Lintas Perbatasan Afghanistan - Pakistan//Reuters
48 Orang Tewas Setelah Serangan Lintas Perbatasan Afghanistan - Pakistan//Reuters /

GALAMEDIA - Korban tewas dari serangan udara militer Pakistan terhadap sasaran di provinsi Khost dan Kunar di Afghanistan timur pada Sabtu, 16 April 2022  telah bertambah menjadi  48 orang.

"Empat puluh satu warga sipil, terutama wanita dan anak-anak, tewas dan 22 lainnya terluka dalam serangan udara oleh pasukan Pakistan di dekat Garis Durand di Provinsi Khost,” ujar Direktur Informasi dan Budaya di Khost, Shabir Ahmad Osmani.

Baca Juga: RESMI, Kiper Asal Garut Fitrul Dwi Rustapa Merapat ke Persib: Kembali ke Bumi Parahyangan

Najibullah, seorang pejabat di Kementerian Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan di Khost mengatakan jumlah korban tewas di provinsi itu adalah 48 orang.

"24 orang tewas dari satu keluarga itu sendiri," katanya.

Jamshid, seorang pemimpin suku dari Khost juga membenarkan bahwa lebih dari 40 orang telah tewas.

"Saya pergi kemarin dengan beberapa orang untuk mendonorkan darah untuk merawat yang terluka dalam serangan Khost," kata Jamshid.

Baca Juga: Ello Dipanggil Bareskrim Hari Ini sebagai Saksi Terkait Kasus DNA Pro

Pejabat pemerintah lainnya di Khost mengatakan dia melihat 42 kuburan orang tewas. Dia juga menambahkan bahwa beberapa orang hilang.

Dilansir dari Aljazeera, setelah serangan terjadi, TOLO News, saluran TV swasta terkemuka Afghanistan, terus menayangkan rekaman mengerikan dari darah yang berserakan dan puing-puing rumah yang rusak dalam serangan di Khost.

Militer Pakistan belum mengomentari serangan itu, tetapi pada hari Minggu kementerian luar negeri di Islamabad mendesak pihak berwenang Taliban di Kabul untuk mengambil "tindakan tegas" terhadap pejuang bersenjata yang melancarkan serangan terhadap Pakistan dari tanah Afghanistan.

Baca Juga: Jadwal RCTI Hari Ini Senin 18 April 2022: Ada Final Countdown and Result Show X Factor Indonesia 2021

"Teroris menggunakan tanah Afghanistan dengan impunitas untuk melakukan kegiatan di dalam Pakistan," kata pernyataan itu, yang dalam bahasanya sangat kasar.

Ketegangan perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan telah meningkat sejak Taliban merebut kekuasaan tahun lalu, dengan Islamabad mengklaim kelompok-kelompok bersenjata melakukan serangan rutin dari tanah Afghanistan.

Taliban menyangkal menyembunyikan gerilyawan Pakistan, tetapi juga marah dengan pagar yang didirikan Islamabad di sepanjang perbatasan 2.700 kilometer (1.600 mil) mereka.

Baca Juga: Heboh Rose BLACKPINK di Klip Tiffany, Dikira Belum Cukup Umur

Namun pada Minggu, 17 April 2022,  Kementerian Luar Negeri Pakistan menyebut serangan di perbatasan telah meningkat dan mendorong Taliban untuk mengambil tindakan tegas.***

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x