Pertanda Lebaran Semakin Dekat, PKL Musiman Bermunculan di Kota Cimahi

- 19 April 2022, 16:32 WIB
Memasuki pertengahan Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, PKL musiman mulai bermunculan di Jalan Gandawijaya
Memasuki pertengahan Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, PKL musiman mulai bermunculan di Jalan Gandawijaya /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
GALAMEDIA - Memasuki pertengahan Bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriah, pedagang kaki lima (PKL) musiman mulai bermunculan di Kota Cimahi.
 
Kebanyakan dari mereka berjualan di zona merah atau daerah yang tidak boleh ada PKL berjualan. Bahkan ada yang nekad berjualan di atas trotoar.
 
Salah satu kawasan yang banyak bermunculan PKL musiman adalah jalan Gandawijaya yang merupakan sentra perekonomin di Kota Cimahi. Seperti pantauan Galamedia, Selasa (19/4), terlihat  sejumlah PKL tampak leluasa menjajakan dagangannya.
 
 
Beragam kebutuhan di jual para PKL ini untuk meraih keuntungan di bulan puasa dan menjelang lebaran ini, mulai dari pakaian, mukena dan sejadah, perabot rumah tangga, makanan, hingga toples dan peralatan kue. 
 
Mereka memanfaatkan trotoar hingga pot tanaman sebagai media berjualan. Banyaknya PKL yang berjualan di trotoar menyulitkan pejalan kaki untuk melintas.
 
Para PKL terlihat diserbu warga yang hendak membeli barang kebutuhan mereka atau sekedar melihat-lihat. Ketertarikan warga membeli barang ke PKL karena harga yang ditawarkan lebih murah dibanding dengan di toko.
 
 
Banyaknya warga yang datang, tak sedikit dari mereka yang memarkirkan motornya di bahu jalan sebelah kanan jalan Gandawijaya. Padahal ada terpasang rambu dilarang parkir.
 
"Ya mau gimana lagi, kami juga butuh makan dan butuh untuk keperluan lebaran. Apalagi dua tahun kemarin ngga bisa jualan bebas, karena pandemi Covid-19," beber Iwan (35), salah seorang PKL.
 
Ia mengaku sering berjualan di pasar kaget yang buka setiap hari minggu.
 
"Kalau mau lebaran saya ke sini jualannya," katanya.
 
 
Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Deden Herdiana mengaku dilema dengan kemunculan PKL musiman di bulan Ramadan ini.
 
"Sekarang kan kita harus meningkatkan perekonomian, setelah dua tahun kemarin ada pandemi. Tapi di satu sisi muncul PKL musiman, dan berjualan tidak pada tempatnya. Makanya posisi kami dilema sekarang ini," ujarnya.
 
Meski begitu pihaknya selalu melakukan patroli, dan mengingatkan para pedagang untuk menjaga protokol kesehatan dan berjualan tidak di atas trotoar.
 
 
"Kita tetap patroli mengingatkan mereka, kalau jualan sudah di tengah trotoar, kita minta untuk digeser agar pejalan kaki bisa lewat. Kita juga ingatkan untuk jalankan prokes," ujar Deden.
 
Menurut Deden, para PKL ini merupakan musiman, yang ada menjelang Idulfitri.
 
"Bukan hanya di Gandawijaya, tapi di Cimindi juga banyak PKL musiman bermunculan. Mereka bukan hanya warga Cimahi, ada juga warga di wilayah lain yang berbatasan dengan Cimahi," sebutnya. ***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x