Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan? Simak Penjelasannya Agar Tak Salah Waktu

- 20 April 2022, 10:19 WIB
Ilustrasi pembayaran zakat fitrah / Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan? Simak Penjelasannya Agar Tak Salah Waktu
Ilustrasi pembayaran zakat fitrah / Kapan Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan? Simak Penjelasannya Agar Tak Salah Waktu /pixabay/

GALAMEDIA - Tak terasa bulan suci Ramadhan 1443 H/2020 sudah memasuki hari ke-18. Tinggal dua pekan lagi umat Muslim akan bertemu dengan hari raya Idul Fitri.

Sebelum Idul Fitri, salah satu kewajiban umat Muslim di bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah.

Melansir dari baznas.go.id, sebagai satu rukun Islam, zakat ditunaikan untuk diberikan pada golongan yang berhak menerimanya.

Baca Juga: Ini yang Membuat Liverpool Bisa Bungkam Manchester United 4-0

Lalu kapan waktu terbaik untuk membayarkan zakat fitrah? Ada beberapa pendapat ulama yang menyatakan pendapatnya mengenai waktu terbaik membayar zakat fitrah.

Menurut Imam Syafi'i, zakat fitrah boleh dikeluarkan sejak permulaan bulan Ramadhan.

Sedangkan menurut Imam Malik dan Ahmad, zakat fitrah boleh dibayarkan sehari atau dua hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 20 April 2022: LICIK! Ammar Mahendra Ternyata Penyebab Kecelakaan Pesawat Al

Jika dibayarkan lebih cepat, Imam Syafi'i membolehkannya selama ada sebabnya (uzur). Imam Malik dan Imam Ahmad juga sependapat, namun hanya dua hari atau sehari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Annisa Nur Fadillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x