Palermen Inggris Tuduh YouTuber Lakukan Kejahatan Perang

- 21 April 2022, 16:42 WIB
YouTuber asal  Inggris Graham Phillips yang Pro Rusia Dituduh Lakukan Kejahatan Perang//instagram.com/grahamwphillips
YouTuber asal Inggris Graham Phillips yang Pro Rusia Dituduh Lakukan Kejahatan Perang//instagram.com/grahamwphillips /

GALAMEDIA - Seorang YouTuber bernama Graham Phillips dituduh berpotensi melakukan kejahatan perang oleh parlemen Inggris.

Phillips adalah pria kelahiran Inggris yang pindah ke Ukraina satu dekade lalu dan menjadi pro-Rusia.

Dilansir The Guardian, ketika Graham Phillips pertama kali pindah dari London ke Ukraina, pegawai negeri kelahiran Nottingham itu membuat blog pribadi yang berisi ulasan tentang rumah bordil dengan pengamatan tentang kehidupan sehari-hari di Kyiv.

Kini, YouTuber pro-Kremlin itu mendapati dirinya dituduh di parlemen atas potensi kejahatan perang setelah mewawancarai sesama warga Inggris yang ditangkap oleh tentara Rusia.

Baca Juga: Daftar dan Biodata Pemain Drama Shooting Star yang Akan Tayang di Bulan April

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia prihatin dengan “pesan propaganda” Philips yang menampilkan Aiden Aslin.

Dilansir dari The Guardian, anggota parlemen lokal Aslin Robert Jenrick melangkah lebih jauh, mengatakan video Phillips menunjukkan konstituennya "diborgol, terluka secara fisik dan diwawancarai di bawah tekanan untuk tujuan propaganda".

Dia mengatakan itu adalah pelanggaran konvensi Jenewa tentang perlakuan terhadap tawanan perang dan bahwa "pewawancara Graham Phillips berada dalam bahaya penuntutan atas kejahatan perang".

Aslin ditangkap oleh pasukan Rusia saat mempertahankan kota Mariupol yang terkepung, meskipun masih belum jelas bagaimana dia akhirnya diwawancarai oleh Phillips.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x