Guru Harus Jadi Poros Utama Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Siswa

- 23 April 2022, 12:18 WIB
Guru poros utama pendidikan.
Guru poros utama pendidikan. /Dok Pemprov Jabar/

GALAMEDIA - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mendorong para guru sebagai tenaga pendidik untuk membangun hubungan yang baik dengan siswa/ siswi di sekolah.

Dengan begitu para guru dapat menjadi orang tua yang berperan mengayomi anak- anak peserta didik di lingkungan sekolah.

Demikian arahan Wagub Jabar pada kegiatan Milenial SmarTren Ramadan 1443 H, di SMA Negeri 2 Banjar Jl. KH. Moh. Sanusi Kec. Langensari Kota Banjar, Jumat (22/4/2022).

Sebagai poros utama pendidikan, guru harus berperan sebagai pendidik yang memberikan pengajaran sekaligus bimbingan, penilaian, dan melakukan evaluasi terhadap perkembangan para siswa sebagai peserta didik.

Baca Juga: Profil dan Biodata Pelatih Baru Persija Jakarta Thomas Doll yang Miliki Segudang Pengalaman

Lebih dari itu, hubungan emosional yang terbangun dengan baik antara guru dan siswa diharapkan dapat menghadirkan perhatian yang baik pula terhadap perkembangan siswa.

"Saya ingin ada kedekatan antara guru dengan siswa, ngobrol di sela- sela kegiatan belajar. Sehingga tidak hanya jadi guru hanya di kelas, jadi mereka (para siswa) datang ke sekolah tenang, karena merasa ada orang tua di sekolah," kata Pak Uu-- sapaan karibnya.

Maka Pak Uu juga mendorong pola pembelajaran efektif, sehingga sasaran yang ingin dicapai pada setiap mata pelajaran dapat terpenuhi.

"Kalau bisa jangan terlalu banyak tugas," kata dia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x