Mudik Lebaran 2022, Masker Medis Efektif Mencegah Covid-19?

- 24 April 2022, 15:05 WIB
Pengendara motor melintas di depan mural yang bergambar ajakan menggunakan masker yang ada di kawasan Cireunde, Tangerang Selatan, Banten, Selasa 15 Feruari 2022. Mudik Lebaran 2022, Masker Medis Efektif Mencegah Covid-19?
Pengendara motor melintas di depan mural yang bergambar ajakan menggunakan masker yang ada di kawasan Cireunde, Tangerang Selatan, Banten, Selasa 15 Feruari 2022. Mudik Lebaran 2022, Masker Medis Efektif Mencegah Covid-19? / Antara/Muhammad Iqbal/

GALAMEDIA - Mudik lebaran 2022 sudah dimulai, meski masyarakat Indonesia masih ada di pandemi Covid-19.

Pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik tapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker.

Apakah masker medis masih efektif mencegah Covid-19 di tengah mudik mudik lebaran 2022?

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama berpendapat masker medis masih relevan untuk dipakai orang-orang mudik saat ini.

"Masker medis tentu masih relevan untuk mudik," ujarnya, Minggu, 24 April 2022.

Baca Juga: Minum Minuman Energi Saat Mudik Lebaran Boleh Tidak? Begini Penjelasan Pakar

Prof. Tjandra yang pernah menjabat sebagai Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu menyatakan, orang-orang lebih baik mengenakan jenis masker seperti KN95 atau N95 dan ini tergantung dari seberapa besar risiko penularannya.

"Masker medis tentu baik, kalau mau lebih baik lagi maka gunakan KN95 atau N95, ini tergantung dari berapa besar risiko penularannya," saran dia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengimbau seluruh masyarakat tetap disiplin memakai masker termasuk menjelang lebaran tahun 2022 meskipun kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di tanah air dikatakan lebih rendah ketimbang negara-negara lain.

Dengan memakai masker, masyarakat dapat terlindungi dari penularan Covid-19 sehingga dapat menjalankan kegiatan mudik secara aman.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x