Charta Politica: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Bisa Menangkan Pilpres 2024 Ungguli Prabowo-Sandiaga

- 26 April 2022, 11:05 WIB
Ganjar Pranowo (kiri) dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan). Pasangan itu bisa memenangkan Pilpres 2024 berdasarkan survei Charta Politica.
Ganjar Pranowo (kiri) dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kanan). Pasangan itu bisa memenangkan Pilpres 2024 berdasarkan survei Charta Politica. /Kolase foto Instagram.com/@ganjar_pranowo/@ridwankamil

GALAMEDIA - Charta Politica Indonesia merilis hasil survei dan simulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hasilnya, pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil bisa memenangkan kontestasi dengan mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno maupun Anies Baswedan-AHY.

Survei Charta Politica Indonesia bertajuk Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Tahun 2022 itu memotret elektabilitas sejumlah tokoh calon presiden dan calon wakil presiden.

Direktur Eksekutif Charta Politica Indonesia Yunarto Wijaya mengatakan, Ganjar Pranowo dinilai sebagai tokoh paling banyak dipilih jika pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dengan angka 26,6 persen.

Baca Juga: Mahasiswa Santri Jabar Dukung Ganjar Pranowo Maju pada Pilpres 2024 Mendatang

Tempat kedua ada Prabowo Subianto 22,0 persen, Anies Baswedan 19,7 persen dan Ridwan Kamil dengan 4,1 persen.

Sementara elektabilitas calon wakil presiden hanya dua nama yang secara angka survei ketat bersaing yakni Sandiaga Uno dengan angka 25,4 persen dan Ridwan Kamil 16,4 persen. Satu nama lain, Khofifah Indar Parawangsa hanya mendapat sebesar 8,9 persen.

Kemudian saat dipasangkan dalam simulasi 3 pasangan capres-cawapres, Ganjar Pranowo makin kuat usai dipasangkan dengan Ridwan Kamil dibanding Prabowo-Sandiaga Uno atau Anies Baswedan-AHY dengan angka 34,1 persen.

Survei yang sama juga menyebutkan jika dipasangkan dengan Sandiaga Uno, Ganjar memperoleh dukungan responden sebanyak 34,3 persen.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x