Di Tengah Hubungan Memanas, Amerika Serikat dan Rusia Bertukar Tahanan

- 28 April 2022, 14:08 WIB
ilustrasi Tentara Rusia dengan seragam bersejarah berbaris selama latihan menjelang parade kemenangan Mei di kota selatan Rusia, Rostov-on-Don, Selasa (26/4/2022)//Antara
ilustrasi Tentara Rusia dengan seragam bersejarah berbaris selama latihan menjelang parade kemenangan Mei di kota selatan Rusia, Rostov-on-Don, Selasa (26/4/2022)//Antara /

GALAMEDIA - Di tengah hubungan memanas terkait perang di Ukraina, Amerika Serikat dan Rusia bertukar tahanan pada Rabu 27 April 2022.

Tahanan yang dipertukarkan adalah mantan marinir AS bernama Trevor Reed dan pilot Rusia Konstantin Yaroshenko.

Beberapa pejabat tinggi pemerintahan Presiden Joe Biden menyebutkan, Reed, yang berasal dari Texas, sedang berada dalam perjalanan untuk berkumpul kembali bersama keluarganya di Amerika Serikat.

Baca Juga: 10 Aplikasi Live Streaming Game Terbaik di Android dan PC 2022

Pria berusia 30 tahun itu disebutkan "merasa senang."

"Hari ini, kita menyambut kepulangan Trevor Reed dan merayakan momen bisa kembali berkumpul dengan keluarga yang sangat merindukannya," kata Presiden Biden dalam pernyataan resmi dikutip Galamedia dari Antara, Kamis 28 April 2022.

"Negosiasi yang memungkinkan kami membawa pulang Trevor membutuhkan keputusan sulit yang saya perlakukan dengan serius," kata Biden, menambahkan.

Baca Juga: Presiden Ukraina Mengaku Diundang Jokowi ke KTT G20, Zelensky: Terima Kasih

Pertukaran tahanan berlangsung di Turki dan AS menyampaikan terima kasih kepada sekutunya sesama negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) itu.

Sejumlah kantor berita Rusia melaporkan bahwa Yaroshenko kemudian diterbangkan dari Ankara, Turki, ke Sochi lalu ke Moskow.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x