BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Sejumlah Wilayah di Indonesia Diprediksi Diguyur Hujan Lebat

- 29 April 2022, 08:44 WIB
Ilustrasi hujan lebat melanda sejumlah wilayah.
Ilustrasi hujan lebat melanda sejumlah wilayah. /Ri_Ya/Pixabay

GALAMEDIA - Sejumlah wilayah di Indonesia, Jumat 29 April 2022, diperkirakan akan di guyur hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi turun di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali.

Hujan juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Baca Juga: Khutbah Jumat Singkat 29 April 2022: Selamat Tinggal Ramadhan, Selamat Datang Hari Kemenangan

Menurut BMKG, Bibit Siklon Tropis 98S terpantau di Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Tengah dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1002 mb.

Sistem ini, bergerak ke arah timur dan berpotensi mengalami peningkatan intensitas menjadi siklon tropis.

Menurut BMKG seperti dilansirkan Antara, potensi bibit 98S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori Tinggi. Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah.

Baca Juga: Video Mesra Arya Saloka dan Amanda Manopo Viral di Media Sosial, Warganet Soroti Nasib Putri Anne: Sedih Pasti

Sistem ini juga membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terpantau memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa Timur-Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x