85 Makam Berusia 4.500 Tahun Ditemukan di Mesir, Tertulis Nama, Pekerjaan dan Usia dalam Huruf Yunani Kuno

- 5 Mei 2022, 20:30 WIB
Foto tak bertanggal ini menunjukkan sisa-sisa sebuah kuil era Ptolemaik yang digali di Provinsi Sohag, Mesir selatan. (Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)
Foto tak bertanggal ini menunjukkan sisa-sisa sebuah kuil era Ptolemaik yang digali di Provinsi Sohag, Mesir selatan. (Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir) /



GALAMEDIA - Sebanyak 85 makam yang berasal dari periode Kerajaan Kuno Mesir sekitar 4.500 tahun silam hingga Dinasti Ptolemaik yang berkuasa dari 305 SM hingga 30 SM, ditemukan di Provinsi Sohag, Mesir selatan.

Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir pada Rabu (4 Mei 2022) juga menyampaikan, selain mumi, misi arkeologi Mesir di wilayah Gabal El Haridi, yang terletak sekitar 350 kilometer sebelah selatan Kairo, ibu kota Mesir, menemukan 30 surat kematian yang menunjukkan nama, pekerjaan, dan usia orang yang meninggal serta nama orang tua mereka, yang ditulis dalam huruf Yunani kuno dan hieroglif Mesir kuno.
 
Beberapa makam berada di gunung, dan beberapa memiliki satu atau lebih sumur dengan koridor-koridor menuju ruang pemakaman, menurut pernyataan itu.

Baca Juga: Ini Dia 3 Calon Daerah Otonomi Baru di Jawa Barat

Misi tersebut juga menggali sebuah rumah menara yang terbuat dari bata lumpur yang berasal dari era Raja Ptolemeus III, firaun ketiga dari Dinasti Ptolemaik yang berkuasa dari 246 SM hingga 222 SM.

Baca Juga: Google Beli Perusahaan Layar MicroLED untuk Headset AR

Rumah menara tersebut dibangun untuk memantau perbatasan, memungut pajak, dan mengamankan lalu lintas navigasi di Sungai Nil, menurut pernyataan itu.

Penemuan tersebut juga mencakup sisa-sisa kuil era Ptolemeus yang dibangun untuk memuja Dewi Isis, dengan ukuran panjang 33 meter dan lebar 14 meter.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x