Bale Pinton Ciburuy Dibongkar, Seniman-Budayawan Kecewa

- 9 Mei 2022, 12:13 WIB
Bale Pinton Ciburuy sudah rata dengan tanah
Bale Pinton Ciburuy sudah rata dengan tanah /Kiki Kurnia/Galamedia/

GALAMEDIA - Sejumlah seniman dan budayawan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kecewa dan prihatin dengan dibongkarnya Bale Pinton Ciburuy oleh Pemprov Jabar.

"Bale pinton Ciburuy merupakan salah satu tempat ruang publik untuk kegiatan
seniman-pelaku seni Ciburuy dibongkar oleh pihak pengembangan bangunan (Pemprov Jawa Barat) Situ Ciburuy. Jelas kami merasa kecewa," ungkap salah seorang seniman KBB, Mang Barien seorang pelaku seni di Situ Ciburuy,, Senin, 9 Mei 2022.

Akibat dibongkarnya bale Pinton tersebut lanjut Mang Barien, ruangan atau ruang publik untuk berkesenian tidak ada gantinya.

Baca Juga: NASA Rilis Suara Lubang Hitam 200 Juta Tahun Cahaya dari Bumi, Mirip Musik Hans Zimmer!

Ia menyayangkan pihak pemerintah (Pemprov Jabar) dan pemgembang tidak memiliki rasa kepedulian untuk memelihara dan mengembangkan seni budaya Sunda.

"Saat membangun bale pinton beberapa tahun lalu, pemerintah tidak mengajak diskusi pada kalangan seniman budayawan KBB, termasuk saat membongkar bangunan tersebut," tanbahnya.

"Walaupun tanah dan bangunan itu, yang memiliki hak membangun adalah pemerintah Jawa Barat, tapi yang bakal menghidupkan tempat itu adalah warga dan seniman budayawan setempat, bukan seniman plat merah Pemprov Jabar," terangnya lagi.

Baca Juga: Catat! Ini 13 Kawasan Ganjil Genap di DKI Jakarta yang Berlaku Mulai Hari Ini

Mang Barien pun sangat menyayangkan Pemprov Jabar saat membangun bale Pinton tidak pernah melibatkan seniman budayawan setempat.

"Mereka membangun seenak perutjya sendiri," tandasnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x