Satu Hari KBB Diterjang 10 Kejadian Bencana, Kalak BPBD: Warga dan Aparat Diminta Meningkatkan Kewaspadaan

- 11 Mei 2022, 13:41 WIB
Ilustrasi bencana alam di KBB
Ilustrasi bencana alam di KBB /BPBD KBB/

GALAMEDIA - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Duddy Prabowo mengingatkan warga, aparat kewilayahan dan desa agar meningkatkan kewaspadaan terkait cuaca ekstrem.

"Masyarakat, seluruh stakeholder terkait, termasuk aparat kewilayahan dan desa agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat yang disertai angin puting beliung dan kemungkinan terjadinya hujan es pada siang hingga sore hari," kata Duddy, Rabu 11 Mei 2022.

Ia menambahkan, untuk daerah yang bertofografi curam atau tebing dan rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada saat hujan lebat yang terjadi selama beberapa hari ke depan secara berturut-turut.

Baca Juga: Said Didu ‘Ditampar’ Balik Mahfud MD Soal Konten LGBT Deddy Corbuzier: Coba Saya Tanya Balik

Sementara itu, berdasarkan prakiraan BMKG kondisi curah hujan di Jawa Barat dari tanggal 6 - 11 Mei 2022 berada pada kategori ringan hingga sedang.

Ia mengungkapkan, akibat cuaca ekstrem dalam satu hari wilayah KBB diterjang bencana banjir, angin puting beliung dan longsor.

"Pada 9 Mei 2022 pada rentang waktu pukul 17.00-17 30 WIB terjadi 10 kejadian bencana alam di Bandung Barat," ungkapnya.

Baca Juga: Bacaan Surat Al Mulk Ayat 1 - 30, Arab Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Bencana angin puting beliung di Kampung Cipanas RT 01/RW 01, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat menyebabkan sebuah pohon tumbang menimpa kios dan menutup akses jalan.

Bencana serupa juga terjadi di Kecamatan Saguling, tepatnya di Kampung Maduhur RT 03/RW 02, Desa Girimukti.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x