Yuk Cari Tahu Apa Itu Mental Clutter dan Bagaimana Cara Mengatasinya

- 13 Mei 2022, 14:35 WIB
Yuk Cari tahu Apa Itu  Mental Clutter dan Bagaimana Cara Mengatasinya//pexels.com/Liza Summer
Yuk Cari tahu Apa Itu Mental Clutter dan Bagaimana Cara Mengatasinya//pexels.com/Liza Summer /

GALAMEDIA - Apa kamu sering frustrasi dengan pekerjaan padahal kamu sudah ada di rumah untuk beristirahat? Membawa pulang pekerjaan di rumah tentu sangat tidak sehat.

Apakah kamu juga pernah  mendengar kata “decluttering“? Mungkin, pikiranmu langsung ingat  istilah tersebut dengan bersih-bersih.

Ya, pada dasarnya, decluttering adalah aktivitas membuang hal-hal yang tidak lagi berguna untuk rumahmu, dan kehidupanmu.

Baca Juga: Ruhut Sitompul Mendadak Minta Maaf Usai Dipolisikan Gegara Meme Anies Pakai Baju Adat Papua

Layaknya barang-barang yang berserakan di dalam rumahmu, mental clutter adalah segala pikiran yang membuat isi kepalamu berantakan.

Kamu tidak bisa berhenti memikirkan itu kapan pun dan di mana pun, hingga kamu kesulitan untuk berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas lain.

Mental clutter atau kekacauan mental adalah gejala umum dari tubuh dan pikiran manusia modern yang selalu sibuk.

Misalnya sering berpikir tentang pekerjaan di rumah dan sebaliknya, atau kesulitan tidur karena pikiran yang terus-menerus berubah, hingga kurangnya konsentrasi.

Baca Juga: Spesifikasi Oppo A96 Lengkap dengan Harga dan Keunggulan, Wajib Punya

Mental clutter dapat ditandai dengan hal-hal berikut:

- Informasi yang berlebihan. Memiliki banyak informasi yang tersimpan dalam kepalamu dapat membuatmu lelah secara mental.

- Ekspektasi yang tidak terpenuhi. Kamu merasa orang lain harus berperilaku sesuai apa yang kamu mau, tetapi hal itu tidak dilakukan oleh mereka.

- Tugas yang tertunda. Rutinitas kecil, seperti mengirim email, mencuci baju, dan hal-hal lainnya terasa sangat mengganggu, tetapi tidak kamu lakukan.

- Perasaan negatif. Kamu mengalami emosi yang tidak membuatmu merasa enak, seperti stres, cemas, khawatir, takut, frustasi, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan stres, merasa terbebani secara mental berpengaruh negatif pada dirimu.

Kamu akan merasa burnout dan tidak memiliki kapasitas untuk mengambil keputusan dengan baik dan benar.

Baca Juga: Spesifikasi Oppo A55, HP Dua Jutaan Layak Jadi Pilihan

Lalu, adakah cara untuk terbebas dari mental clutter ini? Menghilangkan mental clutter sangat penting di era ini. Berikut adalah cara yang bisa kamu coba:

1. Cari tahu apa yang mengganggu pikiranmu

Mungkin, hal tersebut terdengar aneh. Mengapa kamu perlu mencari tahu apa yang mengganggu pikiranmu? Bukannya kamu sudah tahu segala hal yang kamu pikirkan?

Hmm, coba, deh, ingat-ingat waktu kamu bersih-bersih. Ada, ‘kan, beberapa barang yang tergeletak di sudut rumah—dan kamu tidak mengira kalau barang itu masih ada?

Hal yang sama bisa terjadi dengan pikiranmu, lho. Terkadang, kamu tidak sadar kalau kamu memikirkan suatu hal yang mengganggumu secara terus-menerus. Makanya, penting bagi kamu untuk..

- Mencari tahu nilai hidupmu

Waktu kamu melakukan segala sesuatunya sesuai dengan nilai hidup yang kamu pegang, maka kamu akan merasa puas.

Sebaliknya, jika kamu sedang menghadapi sesuatu yang bertentangan dengan nilai hidupmu, kamu akan merasa tidak puas, marah, dan cemas.

Jadi, tanyakan hal ini kepada dirimu sendiri; apa hal yang penting buatmu? Apa nilai yang membuat hidupmu lebih berarti?

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x