TSUNAMI 3 Meter Ancam NTT, BMKG Ungkit Soal Gempa Megathrust

- 13 Mei 2022, 21:15 WIB
Ilustrasi tsunami.  TSUNAMI 3 Meter Ancam NTT, BMKG Ungkit Soal Gempa Megathrust.
Ilustrasi tsunami. TSUNAMI 3 Meter Ancam NTT, BMKG Ungkit Soal Gempa Megathrust. /KELLEPICS/Pixabay.com

GALAMEDIA - Gelombang Tsunami setinggi 3 meter mengancam NTT Nusa Tenggara Timur.

Koordinator Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, dari pemodelan yang dilakukan dari sumber gempa di NTT, berpotensi memicu tsunami hingga lebih dari 3 meter.

Daryono dalam ruang diskusi inklusif secara daring diikuti di Jakarta, Jumat, 13 Mei 2022 mengungkapkan, dari hasil pemodelan, jika sesar naik Flores aktif dengan kekuatan M 7,4, maka bisa terjadi tsunami hingga 3 meter di Labuan Bajo, Manggarai, Flores, Alor.

Baca Juga: Indonesia Selangkah Lagi ke Final Thomas Cup 2022, Unggul 2-0 Atas Jepang

Dampak tsunami akan lebih parah lagi, jika ada ikutan longsoran di dasar laut.

Sementara di sumber gempa selatan NTT, yakni zona megathrust Sumba, jika berkekuatan M 8,5 maka kawasan Sumba, Labuan Bajo, Manggarai, Sabu, Rote, Kupang bisa terjadi tsunami di atas 3 meter.

Kemudian dari pemetaan di Desa Tiwatobi Larantuka, Flores Timur, tsunami bisa menjangkau hingga 500 meter dari bibir pantai dengan tinggi gelombang 3-6 meter. Waktu tiba diperkirakan selama 3 menit setelah gempa.

Baca Juga: Ginting Bawa Indonesia Ungguli Jepang 1-0 di Piala Thomas 2022

"Masyarakat di sekitar sini harus diedukasi dengan evakuasi mandiri. Tidak bisa menunggu warning (peringatan) BMKG, karena warning BMKG keluar setelah 5 menit hasil pemodelan kami di daerah yang kami petakan ini," kata dia.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x